Menteri Rangkap Jabatan Jadi Ketum Parpol, Jokowi: Tak Masalah

- Rabu, 23 Oktober 2019 | 12:46 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Puspa Perwitasari)
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Puspa Perwitasari)

Nama-nama menteri yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju akhirnya terungkap. Seperti janji Presiden Joko Widodo (Jokowi), kabinetnya merupakan kombinasi dari kalangan partai politik dan profesional.

Ada 16 menteri yang berasal dari kalangan politisi. Beberapa di antaranya memiliki jabatan penting di partai mereka.

Bahkan, ada tiga orang yang menjabat sebagai ketua umum, yakni Prabowo Subianto (Ketum Partai Gerindra), Suharso Monorafa (Plt Ketum PPP), dan Airlangga Hartarto (Ketum Partai Golkar).

Prabowo ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Sementara Airlangga menjadi Menteri Koordinator Perekonomian. Sedangkan Suharso menempati posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi.

Penunjukkan ketum parpol sebagai menteri sempat menarik perhatian. Dikhawirkan ada konflik kepentingan. Selain itu, fokus mereka juga diragukan karena harus memikirkan parpol dan pemerintahan.

Jokowi menegaskan hal itu tak akan menjadi masalah. Hal ini berdasarkan pengalaman lima tahun pertama pemerintahannya. 

"Ketua maupun bukan ketua partai, saya melihat yang penting adalah bisa membagi waktu. Ternyata, tak ada masalah," kata Jokowi di hadapan wartawan setelah pelantikan, Rabu (23/10).

Itu yang menjadi dasar Jokowi akhirnya tetap menerima ketua umum partai menjadi menteri

Seperti diketahui, pada Kabinet Indonesia Kerja memang ada beberapa ketum parpol yang jadi menteri, yakni Airlangga dan Wiranto. Namun, Wiranto akhirnya mundur dari jabatan ketum Partai Hanura karena ingin fokus sebagai Menkopolhukam. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X