Pemilik Pedang yang Ditemukan di Shropshire 30 Tahun Lalu Terungkap

- Jumat, 21 Juni 2019 | 10:55 WIB
Foto/Twitter @RushReads
Foto/Twitter @RushReads

Sebuah pedang yang ditemukan 30 tahun lalu di gua-gua misterius Caynton di Shropshire telah diidentifikasi sebagai senjata berharga abad ke-13 yang berpotensi milik anggota Knights Templar.

Mark Lawton menemukan pedang berkarat di ruang bawah tanah buatan manusia dekat Beckbury pada akhir 1980-an, membawanya pulang dan menyimpannya di tepi jendela rumahnya.

Dia hanya menemukan asal-usul pedang yang sesungguhnya ketika dia memutuskan untuk mengirim objek yang tidak biasa itu kepada juru lelang setempat untuk dievaluasi.

Sampai penemuan luar biasa Lawton terungkap, hanya ada sedikit yang menghubungkan gua itu dengan kelompok dongeng.

Beberapa sejarawan mengklaim, pasukan tempur yang terampil menggunakan gua-gua sebagai batu pasir, sementara yang lain mengatakan gua-gua tersebut dibentuk oleh penggalian selama pertengahan abad ke-19.

Dinukil dari Daily Mail, Jumat (21/6/2019), Lawton mengatakan tentang penemuannya: “Saya mengajar di sekolah perumahan setempat pada waktu itu dan membawa pedang ke bengkel saya untuk ditunjukkan kepada anak-anak.

"Saya meninggalkannya semalaman dan staf perawatan mengizinkan para pemuda untuk mencoba dan membersihkannya sebagai kejutan yang menyenangkan buat saya.

"Saya belum pernah melakukan apa pun dengan pedang itu. Dan saya hanya meletakannya di ambang jendela saya sejak itu."

Spesialis Militaria Caroline Dennard dari Halls Fine Art, di Shrewsbury, menyatakan, pedang itu berasal dari abad ke-13, kemungkinan dibawa oleh seorang kesatria, dan bahkan mungkin seorang Templar.

Kata Dennard: "Ini tentu saja benda langka dan yang memiliki semua ciri khas pedang asli dari abad ke-13.

"Di daerah-daerah berpenduduk, kesatria adalah satu-satunya orang yang diberi wewenang oleh raja untuk membawa senjata sehingga kemungkinan besar asumsi ini dimiliki dan dibawa oleh seorang kesatria - dan mungkin, mengingat penemuan di gua-gua Caynton di Shifnal, bahkan seorang Templar."

Dia menambahkan,  gagang pedang itu sengaja dirancang dengan penjaga silang lurus yang tegak lurus dengan bilah, menciptakan salib.

Ini akan berfungsi sebagai pengingat bagi kesatria yang telah disumpah atas tugas yang akan dipenuhinya.

Meskipun ujungnya rusak, tidak ada barang serupa yang ditemukan di daerah itu sebelumnya dan pedang ini bisa berharga antara 1.000-1.500 poundsterling di pelelangan.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X