Ini Sikap Prabowo soal Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim

- Jumat, 11 Oktober 2019 | 17:21 WIB
Prabowo Subianto mendukung rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota ke Kaltim (Antara/Akbar Nugroho Gumay).
Prabowo Subianto mendukung rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota ke Kaltim (Antara/Akbar Nugroho Gumay).

Ketua Umum partai Gerindra, Prabowo Subianto, mendukung rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota RI ke Kalimantan Timur karena demi kepentingan bangsa.

Prabowo menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah setelah bersua Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10) sore. 

"Saya mendukung gagasan (pindah) Ibu Kota. Tentunya beliau (Jokowi) juga mengatakan akan melalui kajian-kajian yang tepat. Sudah dilaksanakan kajian. Jadi yang kami lakukan akan mendukung gagasan itu," kata Prabowo kepada wartawan.

Sikap Prabowo mengenai proyek Ibu Kota baru tidak lepas dari peran Jokowi. Pada pertemuan itu, Presiden menjelaskan secara gamblang alasan menjadikan Kaltim sebagai pusat pemerintahan.

"Tadi saya bercerita banyak kenapa pindah ke Kalimantan Timur. Alasannya ini, ini, dan ini. Kami sampaikan juga semua ke Pak Prabowo," ujar Jokowi.

Pembangunan Ibu Kota baru membutuhkan biaya setidaknya Rp466 triliun. Pendanaan itu nantinya berasal dari APBN sebesar 19 persen.  Kemudian, pemerintah bakal bekerja sama dengan Badan Usaha atau KPBU, Badan Usaha Milik Negera (BUMN), serta investasi langsung dari pihak swasta.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X