Bantu Tangani Corona di DKI Bisa Berupa Ide, Tenaga hingga Waktu

- Jumat, 3 April 2020 | 16:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (INDOZONE/Murti Ali)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan semua orang bisa berkontribusi untuk membantu penanganan wabah virus corona (Covid-19) di wilayah DKI Jakarta. Bantuan tak melulu dalam bentuk barang atau materi, tetapi bisa dalam hal lainnya.

"Yang bisa memberikan ide, beri ide. Yang bisa memberikan tenaga, beri tenaga. Yang bisa beri waktu, beri waktu," kata Anies dalam konferensi pers di Pendopo Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut Anies Baswedan, setiap orang punya pilihan dan kemampuan untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini. Apapun yang diberikan menjadi bentuk atensi dan dukungan riil yang tentunya bisa membantu beban pemerintah dalam menanggulangi wabah tersebut.

"Yang bisa memberikan sumber daya barang, beri barang. Termasuk juga finansial. Itu semua adalah bentuk kerja gotong royong kolosal yang bukan diselenggarakan oleh beberapa orang, tapi seluruh komponen masyarakat," ujarnya.

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: INDOZONE/Murti Ali)

 

Dia menambahkan, sosok yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi Covid-19 di Indonesia adalah orang-orang yang bisa menjaga agar tidak terjadi penularan. Karena itu, sangat penting tidak berkegiatan di rumah dan selalu menerapkan physical distancing agar bisa cegah penularan maupun penyebarannya.

"Pertahanan terakhirnya adalah teman-teman medis. Karena teman-teman medis itu bekerja luar biasa kalau pertahanan depannya bobol, makin banyak yang harus dirawat, makin besar bebannya,"
imbuhnya.

"Nah, kita berharap dari dukungan ini, kita bisa kampanyekan sama-sama semangat untuk kerja sama, semangat untuk saling mendukung. Dan yang tidak kalah penting, mari kita kurangi penyebaran Covid-19-19 ini dengan cara disiplin untuk menjaga jarak, disiplin untuk berkegiatan di rumah," tambahnya.

Hari ini, Jumat (3/4/2020), Pemprov DKI Jakarta menerima bantuan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berupa alat atau kebutuhan medis. Seperti uji tes Covid-19 atau rapid test, masker, dan alat pelindung diri (APD).

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani secara simbolis kepada Gubernur DKI di Pendopo Gedung Balai Kota Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X