Beberkan Penyebab Pagar Pembatas JIS Ambruk, Jakpro: karena Diinjak dan Diduduki Penonton

- Selasa, 26 Juli 2022 | 16:28 WIB
Sejumlah penonton berdiri di atas puing pagar pembatas yang roboh saat peresmian Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Minggu( 24/7/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sejumlah penonton berdiri di atas puing pagar pembatas yang roboh saat peresmian Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Minggu( 24/7/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyebutkan penyebab robohnya pembatas tribun penonton saat acara grand launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (26/7/2022) lalu karena diduduki dan diinjak oleh para penonton. 

Hal tersebut disampaikan oleh VP Corporate Secretary Jakpro, Nadia Diposanjoyo. Ia mengatakan bahwa pagar pembatas itu berfungsi sebagai penanda batas untuk menjaga keselamatan antara penonton dan pemain. 

"Bukan untuk diduduki, diinjak atau bahkan dilompati," ujar Nadia dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022). 

Ia menjelaskan, antusiasme para penonton pada acara tersebut sangatlah tinggi, sehingga pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana seharusnya. Padahal, pagar itu berfungsi agar penonton tidak memasuki area lapangan. 

Baca Juga: DPR Nilai Pendaftaran Citayam Fashion Week ke Kemenkumham Tidak Tepat

"Penggunaan dan penerapan horizontal barrier ini pun merupakan salah satu kriteria dari Basic Design, hasil usulan dari konsultan perencana Buro Happold dan telah disetujui di TABG-AP (Tim ahli bangunan gedung bidang arsitektur dan perkotaan)," terangnya. 

Kemudian, antusiasme penonton semakin tinggi saat digelarnya pertandingan persahabatan Persija melawan Chonburi FC. Ketika itu, hampir seluruh tribun Tier 1 terpenuhi bahkan melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia. 

Melalui pemeriksaan kamera pemantau beberapa penonton ada yang menaiki horizontal barrier untuk memasang spanduk, duduk dan lainnya. Sedangkan, kekuatan strukturnya dan juga fungsinya tidak didesain untuk berpijak, dinaiki, dan diduduki. 

"Atas aktivitas penonton yang berpijak pada horizontal barrier tersebut, akibatnya terdapat beban tarik tambahan diluar yang direncanakan pada angkur kolom praktis yang menjadi tumpuan horizontal barrier tercabut (failed)," ungkap Nadia. 

"Hal ini menyebabkan horizontal barrier beserta pagar pembatas penonton pada sisi utara roboh," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X