Antisipasi Pencurian, Warga Harap Polisi Berpatroli di Sekitar Depo Plumpang

- Minggu, 5 Maret 2023 | 08:48 WIB
Rumah warga hangus dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Rumah warga hangus dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Pihak Kepolisian diharapkan dapat melakukan patroli keamanan di sekitar rumah-rumah yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, demi mengantisipasi adanya pencurian oleh pihak tak bertanggungjawab.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Heru Bangun, yang merupakan salah satu warga di sekitar Depo Plumpang. Ia berkata, sampai dengan hari Sabtu kemarin, aliran listrik di pemukiman warga sekitar Depo Plumpang belum pulih pasca kebakaran, situasi pun gelap gulita.

"Aliran listrik sebagian mati, jadi ketika malam kita tidak bisa melihat orang yang datang siapa saja. Jadi kami mohon dari Kepolisian dan pihak terkait untuk mengadakan patroli," kata Heru sebagaimana disadur dari Antara, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Depo Pertamina Plumpang Direlokasi Usai Kebakaran

Dijelaskan Heru, sejak jam 12 malam, warga berinisiatif melakukan pemeriksaan kepada siapapun yang berniat memasuki daerah tersebut. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi warga setempat atau bukan.

"Kami juga menginformasikan pada jam 12 malam, kami akan pilah orang-orang yang memang daerah sini sama yang bukan, dan nanti kita akan berkoordinasi dengan RT wilayah," jelasnya.

Hal tersebut, kata Heru, dilakukan warga setempat sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat banyak warga yang datang ke lokasi tersebut.

Terlebih, disebutnya, sejak hari kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang, ada satu kejadian pencurian yang berhasil dipergoki dan digagalkan warga. Di lokasi lain juga dilaporkan warga ada yang kehilangan telepon genggam.

Baca Juga: Usut Kebakaran Depo Plumpang, Kapolri Kerahkan Tim Gabungan

Heru menambahkan, warga akan melakukan penyekatan di dua lokasi pintu masuk ke pemukiman warga. Langkah itu dilakukan mengingat saat ini warga sedang mengusahakan pergantian unit-unit kendaraan yang terbakar saat kejadian, sehingga menyebabkan puing-puing dari kendaraan warga juga ada yang berusaha dicuri.

"Jadi ada yang memanfaatkan situasi. Kami berharap Kepolisian, tadi sudah kami sampaikan pada Kepolisian, dan mereka mengatakan akan ada patroli," katanya.

Depo Plumpang Terbakar

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 20.00 WIB dan api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengerahkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk pemadaman di lokasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X