Rekor! PM Australia Tunjuk 10 Menteri Perempuan & Menteri Muslim Pertama dalam Kabinet

- Rabu, 1 Juni 2022 | 18:43 WIB
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bersama para menteri perempuan. (Foto/VOA)
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bersama para menteri perempuan. (Foto/VOA)

10 menteri perempuan dilantik masuk dalam kabinet pemerintah Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dalam sebuah upacara di Ibu Kota Canberra, Rabu (1/6/2022). 

Dengan ditunjuknya para menteri yang beranggotakan 23 orang memperlihatkan dari beragam latar belakang yang mencaku minoritas agama dan pribumi Aborigin.

Lebih mengejutkan lagi, Australia kini memiliki menteri muslim pertama yang diduduki  Anne Aly yang menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Ed Husic menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Seperti yang dilaporkan Reuters, sebanyak 10 perempuan dimasukkan dalam kabinet yang beranggotakan 23 orang, lebih banyak daripada tujuh menteri perempuan dalam pemerintahan koalisi Liberal-Nasional sebelumnya yang dipimpin oleh Scott Morrison.

Albanese membentuk kementerian sementara yang mencakup empat anggota kunci lainnya, dua hari setelah pemilu 21 Mei sehingga ia dapat menghadiri pertemuan kelompok Quad di Tokyo, yang dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden serta para pemimpin Jepang dan India.

Empat anggota kementerian sementara yaitu wakil perdana menteri Richard Marles, Penny Wong untuk urusan luar negeri, Jim Chalmers sebagai menteri keuangan, serta Katy Gallagher di bidang keuangan.

Don Farrell menjadi menteri perdagangan yang baru dan Tanya Plibersek sebagai menteri lingkungan, sementara Clare O'Neil akan bertanggung jawab atas urusan dalam negeri dan Chris Bowen mengambil alih sektor energi.

Mantan pemimpin Partai Buruh Bill Shorten akan menjadi menteri untuk layanan pemerintah.

Albanese mengatakan Partai Buruh akan memerintah dengan haknya sendiri, mengklaim 77 kursi di majelis rendah dengan 151 kursi, membiarkannya membentuk pemerintahan mayoritas tanpa dukungan dari independen yang berfokus pada iklim dan Partai Hijau.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X