Tempat Persembunyian KKB di Yahukimo Papua Digerebek, Ini Hasilnya

- Kamis, 4 Mei 2023 | 18:24 WIB
Satgas Damai Cartenz Gerebek Markas KKB di Yahukimo, Papua. (Dok Polda Papua).
Satgas Damai Cartenz Gerebek Markas KKB di Yahukimo, Papua. (Dok Polda Papua).

Satgas Damai Cartenz 2023 beru saja berhasil melakukan penggerebekan lokasi persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua. Sejumlah KKB hingga beragam senjata berhasil diamankan.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri membenarkan kabar tersebut. Dia menyebut keberhasilan penggerebekan ini merupakan hasil dari kerja keras tim di lapangan.

"Hal ini tentunya berkat kerja keras anggota di lapangan. Kami optimis upaya penegakan hukum maksimal terhadap KKB dilakukan untuk menghentikan kejahatan keji yang dilakukan KKB hingga ke akar-akarnya," kata Irjen Mathius dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Kurun Waktu 4 Bulan Satgas Damai Cartenz Berhasil Amankan 31 KKB Papua

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menyebut penggeledahan dilakukan dini hari tadi di kawasan Jalan Paradiso Belakang Kompleks Anggruk, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Ada sembilan lokasi penggeledahan yang dilakukan oleh tim.

-
Satgas Damai Cartenz Gerebek Markas KKB di Yahukimo, Papua. (Dok Polda Papua).

"Sejumlah berkas dokumen pribadi, barang bawaan seperti tas, alat elektronik, senjata tajam berupa anak panah, kapak, parang, pisau, gunting, senapan angin dan perkakas serta satu pucuk senjata rakitan berhasil diamankan bersama kesembilan orang tersebut," kata Kombes Benny.

Selain berbagai macam barang bukti, tim juga mengamankan sembilan orang. Kesembilan orang tersebut antara lain berinisial SL, NM, JS, ES, HS, LS, LS, GS dan SS.

Baca Juga: Prajurit TNI yang Tewas Diserang KKB Bertambah Jadi 5 Orang, Ditemukan dalam Jurang

Penggerebekan Dilakukan Secara Sunyi

Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto membeberkan suasana saat proses penggerebekan dilakukan. Dikatakanya, suasana tetap sunyi dan kondusif saat proses penggerebekan.

"Selama penggerebakan aktivitas di sekitar lokasi terpantau sunyi, namun tetap kondusif," kata Arief.

Kekinian, para terduga pelaku ini serta barang buktinya tengah dilakukan pendalaman untuk mencari peran-peran serta mereka dalam aksi teror KKB DI Yahukimo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X