Tinjau Pemudik di Pelabuhan Merak, Wakapolri: Saat Ini Lancar, Tak Ada Kemacetan

- Rabu, 19 April 2023 | 16:32 WIB
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (Dok. Polda Banten)
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (Dok. Polda Banten)

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, pada hari ini meninjau langsung lokasi Pelabuhan Merak. Dari pantauan, dikatakanya, situasi masih lancar dan belum ada kemacetan lalu lintas.

"Saya dan rombongan datang untuk melihat dan memastikan kesiapan dari jajaran Polda Banten, untuk melakukan kegiatan pengamanan mudik lebaran baik yang berangkat dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya," kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (19/4/2024).

Komjen Gatot menyebut, dirinya saat mengarah ke Merak, sempat memantau arus lalu lintas via udara. Hasilnya, hingga hari ini, situasi lalu lintas masih lancar.

-
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Baca Juga: Cerita Nekat Nur Kholik Mudik Bersama Istri ke Pemalang, Jarak Sekitar 383 Km dari Jakarta

"Saat melihat situasi dari pantauan udara, arus lalu lintas sampai saat ini masih lancar, tidak ada kemacetan dan kepadatan lalu lintas sampai Pelabuhan Merak," beber Gatot.

Lancarnya lalu lintas di Merak, dikatakanya, lantaran tiga pelabuhan di sana dibuka untuk pemudik. Alhasil, kepadatan dapat terurai.

"Hal tersebut karena kita memfungsikan tiga pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ kemudian pelabuhan Indahkiat sebagai alternatif dan jumlah kapal yang mencukupi," ucapnya.

Jumlah Pemudik di Merak Naik 2 Persen

Selain itu, dari laporan Kapolda Banten, disebut Gatot, terjadi kenaikan jumlah pemudik pada hari ini ketimbang  tahun sebelumnya.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Ikut Mudik Lebaran? Boleh Aja Sih, Asal...

"Menurut penjelasan Kapolda Banten kalau kita membandingkan H-7 tahun lalu dengan H-7 tahun sekarang terdapat kenaikan kendaraan sebanyak 2 persen tapi dengan melihat hari ini yaitu H-4 dibandingkan H-4 tahun lalu terdapat penurunan sebanyak 6 persen. Hal ini terjadi karena masyarakat telah mendahului keberangkatan pemudik wilayah Sumatra," pungkas Gatot.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X