Jokowi Ingin May Day Jadi Momentum Tingkatkan Skill Tenaga Kerja Indonesia

- Senin, 1 Mei 2023 | 17:30 WIB
Presiden Joko Widodo menginginkan peringatan Hari Buruh Internasional jadi momentum untuk meningkatkan daya saing nasional dengan peningkatan skill para pekerja Indonesia. (ANTARA FOTO/Muchlis Jr - Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo menginginkan peringatan Hari Buruh Internasional jadi momentum untuk meningkatkan daya saing nasional dengan peningkatan skill para pekerja Indonesia. (ANTARA FOTO/Muchlis Jr - Biro Pers Setpres)

Presiden RI Joko Widodo menginginkan peringatan Hari Buruh Internasional 2023 menjadi momentum untuk meningkatkan daya saing pekerja Tanah Air. Ada empat hal yang disampaikan Jokowi dalam peringatan May Day ini.

Jokowi menyampaikan hal tersebut melalui tayangan ucapan selamat Hari Buruh Internasional 2023 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Senin.

"Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional," katanya.

Untuk itu, Presiden menekankan pentingnya melanjutkan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, baik melalui pengembangan pendidikan vokasional maupun peningkatan keterampilan tenaga kerja.

Baca Juga: Massa Buruh Tak Diizinkan Dekati Istana Negara dan Gedung MK

Kepala Negara sempat mencontohkan program prakerja dan balai latihan kerja yang selama ini dilakukan Pemerintah, industri, serta masyarakat umum, sebagai salah satu langkah yang harus terus dipertahankan.

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," kata Jokowi.

Di sisi lain, Presiden menyampaikan Pemerintah terus berusaha meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: 50.000 Buruh Demo di Jakarta, Polda Metro Jaya Antisipasi Adanya Penyusup

Pasalnya hal itu diyakini dapat memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Indonesia.

"Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," ujar Jokowi mengakhiri video ucapannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X