Diiringi Gerimis, Salat Id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah Berjalan Lancar

- Jumat, 21 April 2023 | 09:50 WIB
Suasana salat id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Z Creators/Jafriyal Aba)
Suasana salat id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Z Creators/Jafriyal Aba)

Warga Muhammadiyah pagi ini menjalankan salat Idul Fitri 1444 H di halaman kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023). Salat Id yang bertepatan dengan hari lahir Kartini berlangsung khusyuk dan khidmat meski sempat diguyur hujan ringan saat prosesi salat dan ceramah berlangsung.

Antusias warga untuk salat Id hari ini, terlihat dari padatnya halaman di kantor PP Muhammadiyah hingga memakan sebagian Jalan Menteng Raya.

Beberapa warga menyusun saf baru hingga ke jalan tersebut. Untuk mengakomodir lonjakan jemaah, satu lajur ditutup polisi lalu lintas saat prosesi salat berlangsung.

-
Suasana salat id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, diambil dari atas. (Z Creators/Jafriyal Aba)

Tidak ada protes dari pengguna jalan lain, meski satu lajur Jalan Menteng Raya ditutup untuk prosesi salat Id. Toleransi yang sama juga ditunjukkan oleh sekolah Kolese Kanisius yang berbasis katolik.

Baca Juga: Isi Ceramah Salat Id, Din Syamsuddin: Perbedaan Lebaran Jangan Bawa Umat ke Perpecahan!

-
Suasana jalan saat pelaksaan salat id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Z Creators/Jafriyal Aba)

Warga Muhammadiyah yang ingin menunaikan salat Id dipersilakan untuk memarkirkan kendaraanya di halaman parkir mereka.

"Alhamdulillah saya bersama para jemaah Salat Id hari ini, melaksanakan Salat Id di halaman parkir gedung pusat dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta,”  ucap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy usai salat Id.

“Semua berjalan lancar dan walaupun hujan gerimis, tapi saya lihat jemaah masih tetap bertahan mendengarkan khutbah sampai selesai," sambungnya.

-
Jemaah sampai memakan sebagian jalan Menteng Raya, saat pelaksaan salat id di Halaman Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Z Creators/Jafriyal Aba)

PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023. Sedangkan pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu (22/4/2023) besok. 

Muhadjir mengatakan, perbedaan ini hal yang biasa, dan pemerintah juga mengakomodasi kegiatan salat Id semua umat Islam. 

"Hari ini sebagai Menko PMK juga melaksanakan salat Id saat gelombang pertama, kalau yang melaksanakan gelombang kedua besok, ya tentu saja kita ucapkan selamat, saling berikan selamatlah, tidak ada masalah," imbuhnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X