Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Hasilkan 74 Ton Sampah, Terbilang Banyak?

- Minggu, 1 Januari 2023 | 17:15 WIB
Suasana pesta kembang api menyambut tahun baru 2023 di Kawasan Monas, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Suasana pesta kembang api menyambut tahun baru 2023 di Kawasan Monas, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Perayaan pergantian tahun baru 2023 di DKI Jakarta menghasilkan total 74 ton sampah yang dikumpulkan dari lokasi-lokasi keramaian di Ibu Kota. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengklaim sampah yang terkumpul pada malam pergantian tahun 2023 Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dua tahun tahun lalu sebelum pandemi yang mencapai 125 ton. 

Dia menyebut, jumlah sampah yang lebih sedikit tersebut lantaran tahun ini perayaan malam pergantian tahun belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib.

Petugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) atau yang dikenal dengan #PasukanOrangeDLH  melakukan penanganan sampah tepat setelah perayaan tahun baru berakhir dan tuntas pada pukul 05.00 WIB.

“Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB,” kata Asep Kuswanto dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023). 

Baca Juga: Viral! Kembang Api Meledak di Tangan Wakil Bupati Kaur, Langsung Jalani Operasi

Asep mengatakan, petugas kebersihan selesai melaksanakan tugasnya membersihkan sampah sesuai dengan target yang telah ditentukan. 

“Alhamdulillah kita sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target,” imbuh Asep. 

Baca Juga: Cerita PJLP yang Bersihkan Sampah Usai Pesta Tahun Baru 2023 di Bundaran HI

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 3.180 petugas kebersihan untuk menangani sampah.

“Setelah selebrasi pergantian tahun di seluruh titik keramaian massa yang tersebar di 5 wilayah Kota Administrasi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X