Presidensi Indonesia di KTT G20 Dapat Pujian dari Jepang

- Kamis, 17 November 2022 | 08:47 WIB
Presiden Jokowi dalam KTT G20 (Reuters/Bay Ismoyo)
Presiden Jokowi dalam KTT G20 (Reuters/Bay Ismoyo)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah tuntas dilangsungkan di Bali, Indonesia, pada 15 dan 16 November lalu. Presidensi Indonesia di KTT G20 kali ini pun mendapatkan pujian dari banyak pihak.

Salah satu yang memuji presidensi Indonesia adalah Jepang. Negeri Matahari Terbit itu mengapresiasi Indonesia yang menyuarakan pesan kuat dalam perdamaian dan pemulihan ekonomi dunia.

"Kami benar-benar mengapresiasi kepemimpinan tegas yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyusun seluruh rangkaian dan membuat KTT berhasil," kata Sekretaris Pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Ono Hikariko, INDOZONE melansir dari Antara, Kamis (17/11/2022).

-
Presiden Jokowi dalam KTT G20 (Reuters/Sonny Tumbelaka)

Baca Juga: Wishnutama Jadi Sosok di Balik Megahnya Gala Dinner KTT G20

Menurut Ono, Deklarasi Pemimpin G20 Bali mengandung pesan kuat. Selain itu, poin-poin penting mengenai situasi dunia terkini juga terdalam dalam deklarasi tersebut.

"Dokumen itu dapat menjadi langkah besar ke depan," ungkap Ono.

Delegasi Jepang juga menyampaikan kekagumannya atas rangkaian acara, seperti salah satunya saat jamuan makan malam yang spektakuler. Sementara itu, terkait hubungan bilateral ke depan, Ono mengemukakan Perdana Menteri Fumio Kishida optimistis atas kemajuan hubungan kedua negara. Ambil contoh, dalam upaya mengatasi perubahan iklim, seperti dukungan bagi Jepang atas inisiatif nol emisi Asia dan Kemitraan Transisi Energi (JETP).

Baca Juga: Dana Hibah USD 600 Miliar Bisa Dorong dan Percepat Transisi Energi di Tanah Air

"Dalam kolaborasi itu kami harap Indonesia dan Jepang dapat berperan mengatasi isu perubahan iklim dan kerja sama energi," tutur Ono.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X