Di Sidang Etik, Status Justice Collaborator Bharada E Bakal Jadi Pertimbangan

- Jumat, 17 Februari 2023 | 13:51 WIB
Bharada E dalam sidang (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Bharada E dalam sidang (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Status justice collaborator (JC), yang melekat kepada Bharada Richard Eliezer atau Bharada E di kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, tampaknya bakal berdampak baik dalam sidang etik Bharada E. Sebab, dalam sidang etik nanti, status JC akan menjadi pertimbangan dalam putusan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Irjen Dedi menyebut, sesuai aturan, sidang etik bakal mempertimbangkan beberapa hal termasuk JC.

"Tentunya, berdasarkan PP 1 tahun 2003, kemudian PP nomor 7 tahun 2022, nanti ada mekanismenya sidang KKEP. Sidang KKEP tentunya akan mempertimbangkan masukan dari berbagai masyarakat, pendapat para ahli dan juga tentunya salah satu referensi yang paling penting dari pengadilan adalah RE sebagai JC," kata Irjen Dedi kepada wartawan, Jumat (17/2/2023).

-
Bharada E (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Baca Juga: Intip Potret Pacar dari Richard Eliezer, Netizen: Gatel Pengen Benerin Poninya

Lebih jauh, Dedi menyebut sejak awal penanganan kasus ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selalu menekankan, agar Polri mendengarkan aspirasi masyarakat. Tujuannya supaya mendapatkan keadilan masyarakat.

"Komitmen Polri dari awal Pak Kapolri sudah memerintahkan bahwa kasus ini dibuka secara terang benderang, secara transparan, mungkin dengan cara pembuktian secara ilmiah atau SCI (Scientific Crime Investigation)," beber Dedi.

Sebelumnya, dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J, Bharada E sudah mendapat vonis dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia divonis 1 tahun enam bulan atau  1,5 tahun penjara.

Baca Juga: Mabes Polri Siapkan Sidang Etik Untuk Bharada Eliezer

Vonis ini tentunya sangat ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sementara itu, Bharada E berpeluang kembali menjadi anggota Polri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X