Cuaca Hari Ini: Sebagian Besar Wilayah di Tahan Air Berpotensi Hujan dan Angin Kencang

- Senin, 5 Juni 2023 | 08:16 WIB
Ilustrasi bajir usai hujan deras melanda wilayah Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Ilustrasi bajir usai hujan deras melanda wilayah Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Cuaca hari ini, tepatnya Senin (5/6/2023) di sebagian besar wilayah Tanah Air diprakikan akan turun hujan dengan intensias lebar disertai angin kencang.

Dikutip dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) beberapa wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat di antaranya Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: PDIP Spill Minggu Depan Ada Partai Lain Deklarasikan Dukungan pada Ganjar Pranowo

Sementara itu, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam yakni wilayah Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.  

BMKG menyampaikan Sirkulasi Siklonik terpantau di Teluk Cendrawasih, yang membentuk daerah konvergensi dari Papua bagian tengah, serta daerah konfluensi di Papua Tengah, dan pesisir barat Bengkulu.

Baca Juga: Prabowo Perkuat Kerja Sama RI dengan China di Bidang Pertahanan

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Laut Andaman hingga pesisir barat Thailand, di Laut Cina Selatan, dari Laut Cina Selatan ke Laut Sulu, dari pesisir barat Aceh, hingga Selat Malaka, pesisir barat Lampung hingga pesisir barat Bengkulu, dari pesisir utara Jawa Timur hingga pesisir utara Jawa Tengah, dari Kalimantan TImur hingga Kalimantan Utara, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, dan dari P. Halmahera hingga Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) lainnya juga terdapat di Laut Cina Selatan, dari Laut Banda hingga Laut Flores, Samudera Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Banten, dan di Samudera Pasifik Timur Filipina.

Kondisi tersebut, disinyalir mampu meningkatkan adanya pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah siklon tropis/sirkulasi siklonik dan hampir di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X