Dicatut Namanya Untuk Penipuan, Ini Respons PT Indodax

- Selasa, 13 Juni 2023 | 16:38 WIB
CEO Indodax, Oscar Darmawan di Mapolda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
CEO Indodax, Oscar Darmawan di Mapolda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

PT Indodax angkat bicara usai menjadi korban lantaran nama perusahaan mereka dicatut oleh para penipuan modus investasi. Akibat ulah kedua tersangka, Indodax mengalami kerugian immateri.

CEO Indodax, Oscar Darmawan menegaskan kedua tersangka tidak secara langsung menyerang keamanan di Indodax melainkan mereka beraksi hanya dengan menyalahgunaan nama Indodax.

"Sebenarnya para tersangka bukan secara langsung melakukan serangan apapun ke dalam Indodax tapi mereka menyalahgunakan nama Indodax untuk menipu para member Indodax dengan menyalahgunakan nama secara sosial media," kata Oscar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Polda Metro Tangkap 2 Penipu Investasi, Modusnya Catut Nama Indodax

"Ini adalah salah satu rangka proaktif dilakukan oleh Indodax karena kami merasa bahwa melindungi member adalah sesuatu yang paling penting dilakukan oleh setiap perusahaan. Karena perlindungan terhadap member adalah dasar daripada member bisa percaya kepada perusahaan," sambungnya.

Dia menegaskan jika sistem yang ada di Indodax hingga saat ini masih tetap aman. Ditegaskannya, Indodax akan mengamankan membernya dari upaya-upaya kejahatan.

"Para tersangka tidak mengubah dan tidak menyerang sistem dari pada Indodax. Jadi sistem Indodax selalu aman dan kita tetap menjaga sistem supaya member Indodax tidak mengalami kerugian apapun," kata Oscar.

Kedepannya, dikatakan Oscar pihaknya tidak akan ragu untuk mengambil langkah tindakan tegas terhadap pelaku-pelaku yang mencoba mengambil keuntungan menggunakan nama Indodax.

"Kami akan menindak orang-orang secara langsung maupun tidak langsung menggunakan nama Indodax apalagi orang-orang yang berusaha menggunakan nama kami untuk menargetkan member Indodax yang percaya pada perusahaan kami," ucapnya.

Beri Edukasi Bedakan Indodax Asli atau Palsu

Selain itu, Oscar menyebut Indodax memiliki platfrom bernama Indodax Academy dan berbagai sosial media resmi. Isinya berisi informasi salah satunya mengedukasi terkait cara membedakan Indodax asli maupun palsu.

"Secara terus-menerus mengingatkan kepada member, mengedukasi kepada member bagaimana mengenali Indodax dan yang bukan Indodax. Sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang seperti ini dan tentunya kami juga akan terus berkoordinasi dengan kepolisian," kata Oscar.

2 Pelaku Ditangkap

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku penipuan dengan jaringan berbeda. Keduanya melakukan penipuan investasi dengan menggunakan nama Indodax.

-
Konferensi pers penipuan modus catut nama Indodax di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONEl/Samsudhuha Wildansyah).

Baca Juga: MUI Haramkan Aset Kripto, Begini Tanggapan Indodax

Cukup mahir, kedua tersangka berhasil menipu korban hingga korbanya rugi ratusan juta rupiah. Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya masih memburu satu tersangka.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X