Kemendag Pastikan Harga Daging Kembali Normal

- Selasa, 27 Juni 2023 | 22:33 WIB
Harga daging dipastikan bakal kembali normal. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Harga daging dipastikan bakal kembali normal. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan bahwa harga daging ayam di pasaran kembali normal untuk beberapa waktu ke depan.

"Kami akan segera memastikan supaya harga kembali stabil dan ketersediaan aman," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, seperti INDOZONE sadur dari Antara, Selasa (27/6/2023).

Dia mengakui adanya kenaikan harga di sejumlah pasar di Indonesia. Salah satunya lokasi yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Stafsus Menkeu Pastikan Sembako Tidak Kena PPN kecuali Daging-Beras Premium

Dia menegaskan terus berkoordinasi dengan berbagai pengambil kebijakan, termasuk satuan tugas pangan daerah hingga distributor.

"Setiap hari kami pantau dengan mengunjungi pasar untuk memastikan harga dan ketersediaan daging ayam kondusif," jelasnya.

-
Harga daging dipastikan bakal kembali normal. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Menurut dia, fluktuasi harga daging ayam merupakan fenomena jelang Idul Adha di mana tingkat permintaan cukup signifikan.

"Kami pastikan mungkin ada operasi pasar sebagai langkah nyata pemerintah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kenaikan harga daging ayam di pasar terlalu tinggi dan menduga ada masalah dalam suplai.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Makassar Naik Mendekati Idul Adha, Bawang Putih Capai Rp45 Ribu

"Yang naik agak tinggi memang daging ayam. Biasanya di harga Rp30.000, Rp32.000, ini sudah mencapai Rp50.000. Akan saya cek, mungkin ada problem di suplainya, pasokannya," kata Presiden Jokowi seusai meninjau Pasar Palmerah Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi menduga kenaikan harga tersebut karena menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Ya mungkin juga (karena Idul Adha), tapi naiknya terlalu tinggi dari Rp30.000 - Rp32.000 ke Rp50.000, biasa harga kalau ayam telur biasa kan naik turun lagi, akan saya cek di lapangan nanti," kata Presiden.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X