Polda Sumut Ungkap Motif Kematian Bripka Arfan, Bunuh Diri Minum Racun Sianida

- Rabu, 5 April 2023 | 19:24 WIB
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak beberkan motif kematian Bripka Arfan Saragih. (Handover)
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak beberkan motif kematian Bripka Arfan Saragih. (Handover)

Polda Sumatera Utara menguatkan motif Bripka Arfan Saragih tewas bunuh diri akibat terlilut dugaan penggelapan pajak kendaraan bermotor (PKB) dari para wajib pajak di UPT Samsat Pangururan, Kabupaten Samosir.

Korban bunuh diri dengan menenggak racun sianida yang dibeli secara online melalui aplikasi marketplace di Bogor dengan cara memesan melalui ponsel almarhum pada 27 Januari 2023 pukul 15.25 WIB.

"Masuknya cairan sianida ke tubuh korban dibuktikan tim penyelidik dengan menemukan fakta proses pembelian sianida yang dilakukan oleh almarhum Bripka Arfan Saragih," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak di Medan, Rabu (5/4/2023).

Ia pun berempati terhadap keluarga Bripka Arfan Saragih yang ditemukan bunuh diri setelah menjadi terlapor dugaan penggelapan uang para wajib pajak di Samsat Pangururan, Kabupaten Samosir.

Baca juga: Keluarga Nilai Janggal, Kompolnas Ungkap Penyebab Kematian Bripka Arfan Saragih

-
Bripka Arfan Saragih bersama istrinya. (Istimewa)

 

"Saya selaku pimpinan mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya anggota. Mari kita jaga perasaan istri dan anaknya," katanya.

Panca mengungkapkan, kematian Bripka Arfan Saragih personel Satlantas Polres Samosir bukan merupakan unsur pidana karena tidak ditemukan unsur kekerasan dalam tubuh almarhum. 

Baca juga: Sebelum Tewas, Bripka Arfan Saragih Diancam: Kami Akan Membuat Anak Istrimu Menderita

Namun dari hasil penyidikan yang mengedepankan Scientifi Crime Investigation (SCI) penyidik Ditreskrimum Polda Sumut dan tim ahli menyimpulkan kematian anggota Satlantas Polres Samosir itu murni bunuh diri dengan meminum cairan sianida.

Ia menjelaskan bahwa penyebab kematian Bripka Arfan Saragih adalah mati lemas akibat masuknya sianida kesaluran makan hingga ke lambung dan saluran napas.

-
Bripka Arfan Saragih ditemukan tewas diduga bunuh diri. (Ist)

 

"Hal itu berdasarkan  hasil otopsi dan penjelasan ahli kedokteran forensik yang didukung hasil pemeriksaan Labfor serta keterangan ahli  Toxycologi, didukung pula dengan penjelasan ahli phisikologi forensik,” katanya.

Lebih lanjut, Panca menerangkan juga tidak ditemukannya tanda-tanda kekerasan yang disengaja terkait penyebab kematian Bripka Arfan Saragih namun akibat masuknya sianida ketubuh korban.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X