Usut Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam, Kapolri Bentuk Tim Khusus

- Selasa, 12 Juli 2022 | 20:27 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah), memberikan keterangan pers terkait insiden baku tembak sesama polisi di Mabes Polri, Jakarta. Selasa (12/7/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah), memberikan keterangan pers terkait insiden baku tembak sesama polisi di Mabes Polri, Jakarta. Selasa (12/7/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akhirnya buka suara terkait kasus baku tembak antar polisi di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Kapolri membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini.

"Saya telah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Pak Wakapolri, Pak Irwasum kemudian ada Pak Kabareskrim kemudkan ada AS SDM karena memang Beberapa unsur tersebut harus dilibatkan termasuk unsur fungsi dari Provos dan Paminal," kata Kapolri Jenderal Sigit kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Kapolri memastikan proses penyidikan kasus ini akan ditangani secara serius oleh tim yang dia bentuk. Hasil penyidikan dari tim ini disebutnya bisa dipertanggungjawabkan dihadapan publik.

"Yang pasti penanganan kita akan dilaksanakan secara serius dengan diawasi tim yang ada baik awal proses lidik, sidik maupun hal-hal lain yang mungkin akan bisa didapat. Ini tentunya akan dipertanggungjawabkan kekapada publik," beber Sigit.

Baca Juga: Mobil-mobil Mewah Dipakai Selundupkan Sabu dari Malaysia

Lebih jauh pimpinan tertinggi institusi Bhayangkara ini menegaskan jika pihaknya akan melakukan proses penyidikan secara transpara. Polri juga akan transparan menyampaikan hasil penyidikan dari kasus ini.

"Kami yakinkan bahwa kami institusi Polri akan melakukan semua proses ini secara objektif, transparan dan akuntabel. Ini semua akan kita sampaikan pada saat semua hasil proses lidik, sidik dan temuan-temuan yang bisa didapat oleh tim gabungan internal, eksternal ini menjadi satu kesatuan yang kemudian jadi kesimpulan untuk melengkapi apa yang selama ini sudah dilaksanakan oleh penyidik," kata Sigit.

Seperti diketahui, dua anggota Polri berinisial Brigadir J dan Bharada E terlibat baku tembak dan menewaskan satu diantaranya. Keduanya terlibat saling tembak di rumah Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo dibilangan Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 sore.

Insiden ini bermula saat J masuk ke kamar pribadi Irjen Sambo yang saat itu hanya ada istri Sambo. J disebut-disebut melakukan penodongan hingga melecehkan istri Irjen Sambo.

Karena teriakan istri Sambo membuat J keluar kamar dan Bharada E dari lantai atas bertanya ke J terkait teriakan tersebut. Sejurus kemudian, J malah menembak E hingga baku tembak tidak terelakkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X