Pemkot Surakarta Berupaya Terus Keberadaan Rumah Tak Layak Huni

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:10 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Eko Haryanto)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Eko Haryanto)

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta terus berupaya menekan keberadaan rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di Solo dengan melakukan perbaikan. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Solo.

"Pokoknya kami kurangi, hari Selasa (7/2) kami meresmikan Losari ya, peresmian rumah-rumah yang layak huni," kata Gibran, seperti INDOZONE sadur Antara, Sabtu (4/2/2023).

Ia mengatakan jumlah perumahan layak huni yang ada di Kawasan Losari di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo yang akan diresmikan pada pekan depan sebanyak 137 unit.

Baca Juga: Duh! Belum Digunakan, Kubah Masjid Raya Sheikh Zayed Malah Rusak Kena Hujan Angin

Disinggung mengenai kemungkinan masuknya dana CSR dari perusahaan swasta untuk mendanai perbaikan rumah tidak layak huni, ia memastikan akan diperolehnya.

-
Gibran mengaku trauma dicium pria tak dikenal (Z Creators/Ari Welianto)

"Ada nanti, saya cari pelan-pelan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta Taufan Basuki mengatakan sesuai dengan arahan dari Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ada dana dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) untuk penanganan RTLH yang ada di Kota Solo.

Baca Juga: Pemkot Surakarta Gandeng Kementrian PUPR untuk Kaji Desain Keraton

"Diharapkan di tahun 2023, dana dari UEA ini dapat membantu secara signifikan. Kalau kurang lebihnya dari potensi yang ada sekitar 2.500 unit rumah bisa kami tangani tahun ini," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan potensi keberadaan rumah tidak layak huni di Kota Solo mencapai sekitar 5.000 unit.

Dengan berbagai upaya pemerintah dalam memperoleh pendanaan, salah satunya dari Pemerintah UEA. Diharapkan jumlah RTLH hingga akhir tahun ini hanya menyisakan 1.400 unit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X