BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Tanggal Ini

- Senin, 10 Oktober 2022 | 15:55 WIB
Awan mendung yang menyelimuti persawahan. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)
Awan mendung yang menyelimuti persawahan. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)

Badan Meteorologi dan Goefisikia (BMKG) menyebutkan wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem seperti hujan es, angin kencang, dan puting beliung pada bulan Oktober Ini.

Kasubag Humas BMKG Ririn mengatakan, cuaca ekstrem akan terjadi tanggal 9 hingga 15 Oktober mendatang. Hal ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik atau pusaran angin yang membawa uap air untuk dibentuk menjadi awan.

"Sirkulasi siklonik tersebut membentuk dan membelokan angin yang membuat kecepatan angin melambat. Hal ini menyebabkan terjadinya aktivitas konvektif atau penguapan," jelas Ririn kepada wartawan Indozone melalui sambungan telepon, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Cuaca Tak Mendukung, Kunjungan Wisata ke Destinasi Bantul Akhir Pekan Turun 25 Persen

Olehnya itu kata dia, karena adanya pertumbuhan awan yang konvektif atau bergerak di masa transisi musim hujan, sehingga terbentuk awan cumulonimbus (CB) yang memicu hujan es.

"Jadi awan cumulonimbus merupakan awan yang menjulang tinggi seperti bunga kol dan memiliki suhu yang paling rendah, sehingga awan yang semakin jenuh itu akan turun menjadi butiran-butiran es," ujarnya.

Baca Juga: 5 Potret Ricky Cuaca Pemain Serial Film ‘Ganteng-Ganteng Serigala’ Pangling Makin Glowing!

Dikarenakan salah satu dampak yang paling sering terjadi karena cuaca ekstrem adalah pohon tumbang, olehnya itu Ririn menyarankan untuk pemangkasan pohon-pohon yang rapuh dan menguatkan tiang-tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X