3 Srikandi yang Kemungkinan Bertahan di Kabinet Jokowi

- Rabu, 3 Juli 2019 | 11:45 WIB
INSTAGRAM/Retno Marsudi
INSTAGRAM/Retno Marsudi

Teka-teki soal susunan kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat ini tengah menjadi perhatian publik. Semua pihak mulai berspekulasi soal siapa yang bakal masuk dalam daftar.

Sejumlah nama baru diyakini bakal menghiasi kabinet Jokowi-Amin. Tentunya, kehadiran mereka mengancam posisi menteri yang saat ini tergabung dalam Kabinet Kerja.

Jokowi sudah mengungkapkan kriteria sosok yang bakal menjadi "pembantu"nya di pemerintahan. Di antaranya muda, profesional dan tak menutup kemungkinan dari partai politik.

Kriteria tersebut memunculkan sejumlah nama seperti Grace Natalie, Nadiem Makarim, Emil Dardak, Angela Herliana Tanoesoedibjo dan Mahfud MD.

Yang jadi pertanyaan, siapa menteri yang saat ini menjabat memenuhi kriteria tersebut? Ada tiga menteri perempuan yang dinilai memenuhi kriteria untuk masuk dalam kabinet Jokowi.

Redaksi Indozone coba mengulik tiga nama menteri perempuan kemungkinan dipertahankan Jokowi. Berikut ulasannya.

Susi Pudjiastuti

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

 

Saat ini Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Beberapa kebijakan yang dibuatnya mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

Yang paling fenomenal adalah menenggelamkan kapan asing pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature, kebijakan agresifnya terhadap kapal ikan ilegal telah mengurangi upaya penangkapan ikan secara ilegal sebesar 25%.

Sementara jika merunut pada data dari Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gajah Mada (UGM), Susi menjadi menteri paling populer di kabinet Jokowi saat ini. 

 

Sri Mulyani

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X