Sosok Riko Sunarko Kapolrestabes Medan yang Baru, Pernah Tangani 'Polisi Nakal' di Propam

- Jumat, 1 Mei 2020 | 10:33 WIB
Kombes Pol Riko Sunarko gantikan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir jabat Kapolrestabes Medan. (Istimewa)
Kombes Pol Riko Sunarko gantikan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir jabat Kapolrestabes Medan. (Istimewa)

Jabatan Kapolrestabes Medan bergeser dimana Kombes Pol Johnny Eddizon Isir dimutasi guna menempati jabatan baru sebagai Kapolrestabes Surabaya di Polda Jatim.

Sementara itu jabatan mantan eks ajudan Presiden Jokowi itu di Medan bakal diisi oleh Kombes Pol Riko Sunarko sebagai Kapolrestabes Medan yang baru.

Namun siapa Riko Sunarko yang bakal menggantikan Jonny Eddizon Isir?

Jabatan Riko Sunarko sebelumnya merupakan analis kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri.

Sebelumnya Riko Sunarko pernah menjabat Kabid Profesi Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Selatan, di mana ditahun 2017 pernah mengeluarkan 13 rekomendasi pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) terhadap 'polisi nakal'.

Rekomendasi PTDH itu ke 13 oknum polisi, untuk oknum polisi yang terlibat dalam kasus tindak pidana kasus narkoba. 

Namun kasus paling menonjol yang pernah ditangani Riko Sunarko saat jadi Kabid Propam, saat menangani polisi nakal Bripka SY anggota Polres Jeneponto yang diduga selingkuh dengan perempuan berstatus janda.  

Saat itu oknum Bripka SY mendadak viral setelah videonya diupload ke Facebook oleh istrinya sahnya.

Tidak terima suaminya berduaan dengan perempuan lain, sang istri pun memutuskan melaporkan kejadian tersebut ke Propam Polres Jeneponto dan ke bagian SPKT.

Perselingkuhan tersebut terbongkar saat SN baru pulang berkantor di UPTD Kecamatan Binamu. Dalam perjalanan dirinya melihat mobil yang biasa dipakai oleh suaminya terparkir di rumah kos tersebut.

Johnny Eddizon Isir Jabat Kaporestabes Surabaya

Sementara itu Kombes Pol Johnny Eddizon Isir menggantikan seniornya yang juga mantan Kapolrestabes Medan Kombes Sandi Nugroho sebagai Kapolrestabes Medan. 

Sandi sendiri meninggalkan jabatan Kapolrestabes Surabaya untuk menempati jabatan baru sebagai penyidik tindak pidana utama TK II di Bareskrim Polri.

Seperti yang diketahui Kapolri Jenderal Idham Aziz melakukan mutasi besar-besaran dilingkungan kepolisian Republik Indonesia, sebanyak 271 perwira tinggi dan perwira menengah bakal menempati jabatan baru.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X