Jakarta Belum Siap Gelar Formula E pada 2020

- Rabu, 17 Juli 2019 | 16:31 WIB
Reuters/Dennis Schneidler-USA TODAY Sports
Reuters/Dennis Schneidler-USA TODAY Sports

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menyelenggarakan balapan Formula E pada 2020. Namun, agenda itu dinilai prematur karena ibukota masih banyak yang harus dibenahi. 

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, merupakan sosok yang pesimistisnya soal rencana Pemprov tersebut. 

"Ide pelaksanaan cukup baik, tetapi membutuhkan persyaratan yang ketat. Jakarta masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang perlu diselesaikan, yakni kemacetan, pengendalian banjir, serta penurunan polusi udara," kata Nirwono. 

Pemprov DKI rencananya bakal menyulap kawasan Monas, Jakarta Pusat, menjadi sirkuit Formula E. Namun, Nirwono tidak setuju Pemprov DKI menjadikan tempat itu lintasan balap karena merupakan area pemerintahan. 

"Jelas tidak tepat karena itu wilayah ring satu yang sangat ketat dengan segi keamanan dan keselamatan negara. Pemprov bisa menggunakan Jalan Thamrin-Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto-MT Haryono," ujar Nirwono. 

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan mengklaim Jakarta bakal menjadi tuan rumah Formula E pada 2020. Kalimat itu pun viral dan banyak mengundang atensi publik. 

-
Reuters/Dennis Schneidler-USA TODAY Sports

Juru bicara Formula E pun angkat bicara terkait hal ini. Dia membenarkan Anies dan pengelola balapan tengah bernegosiasi agar Jakarta menjadi tuan rumah Formula E 2020.

"Akan tetapi, belum ada yang bisa diumumkan saat ini," ujar jubir Formula E seperti dikutip dari Motorsport. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X