Ini Bocoran RS Khusus Pasien Virus Corona di Pulau Galang

- Rabu, 4 Maret 2020 | 16:44 WIB
Panglima TNI (kacamata hitam) bersama Menteri PUPR (berkacamata) saat meninjau lokasi pembangunan RS khusus virus corona di Pulau Galang. (SMIN Panglima TNI)
Panglima TNI (kacamata hitam) bersama Menteri PUPR (berkacamata) saat meninjau lokasi pembangunan RS khusus virus corona di Pulau Galang. (SMIN Panglima TNI)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin membangun rumah sakit khusus, untuk penanganan kasus virus corona atau Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. 

Terkait hal tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, meninjau lokasi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit khusus tersebut, Rabu (4/3/2020).

“Mudah-mudahan rencana ini bisa segera terealisasi dan segera kita gunakan untuk para saudara-saudara kita yang harus melaksanakan observasi. Dan apabila ada yang terinfeksi (virus corona), segera bisa kita laksanakan pengobatan, khususnya adalah di wilayah Galang ini,” kata Panglima TNI.

Untuk diketahui, Pulau Galang adalah sebuah tempat dimana pada waktu tahun 1979-1996 dijadikan tempat pengungsi atau manusia perahu asal Vietnam.

-
Peninjauan lokasi pembangunan RS khusus penanganan virus corona. (SMIN Panglima TNI)

 

“Kita lihat gedung-gedung termasuk rumah sakit, tempat beribadah masih ada. Oleh sebab itu, rencananya akan kita jadikan satu, pilihan untuk rumah sakit dan termasuk juga untuk observasi. Di samping kita juga memiliki satu tempat untuk observasi yaitu di Natuna,” papar Panglima TNI.

Ia menambahkan, nantinya rumah sakit tersebut akan memiliki daya tampung 1.000 pasien dengan jumlah kamar mencapai ratusan. Dan, ada 50 ruangan khusus untuk isolasi, sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X