Segelintir Harapan Warganet Untuk Anggota DPR RI Baru

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 17:02 WIB
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Belum lagi padam gejolak demonstrasi yang dilakukan oleh puluhan ribu mahasiswa, kini Indonesia baru saja memiliki anggota DPR RI yang baru periode 2019-2024. Sebanyak 575 anggota DPR RI terpilih Selasa (01/10/19) pagi resmi dilantik. Pelantikan ratusan anggota DPR RI terpilih ini memunculkan segelintir harapan dari warganet atau netizen.

"Harapan netizen yang paling tergambar kepada anggota DPR baru adalah menolak RKUHP dan memperkuat KPK. RKUHP dianggap justru merugikan masyarakat, selain itu juga dinilai akan memunculkan kriminalisasi terhadap para oposisi/suara aktivis dengan pasal penghinaan presiden. DPR baru diharapkan mampu dengan tegas menolak RKUHP," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang.

Indonesia Indicator (I2) melalui sistem Intelligence Perception Analysis (IPA) mencatat, sepanjang 1 September-30 September 2019 terdapat sebanyak 22.491 percakapan dari 9.949 akun, dengan 77 persen akun milenial. Dalam percakapan tersebut, ada sebanyak 7.353 cuitan di Twitter yang berisi harapan terhadap anggota DPR RI yang baru. Rustika mengatakan ada sekitar 5.892 cuitan yang ditulis netizen terkait dengan penolakan RKUHP dan UU KPK.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

"Netizen mengharapkan DPR baru mampu memperkuat KPK, baik dengan dengan mendorong penerbitan Perppu atau judicial review ke MK," tuturnya.

Tak hanya sebuah harapan, banyak netizen yang mengucapkan selamat dan berharap proses pelantikan berjalan lancar. Ada sekitar 2.330 cuitan yang dituliskan oleh netizen terkait dengan harapan agar proses pelantikan berjalan lancar.

Salah satu isu yang menjadi perbincangan netizen ialah tindak pidana korupsi. Mereka berharap agar DPR yang baru jauh dari tindak pidana korupsi. Total cuitan soal ini mencapai 450.  Netizen juga berharap DPR baru mampu mengubah citra DPR lama yang identik dengan deretan kasus korupsi.

"Selain itu, ada pula 339 cuitan yang menginginkan agar DPR baru amanah dan adil," kata Rustika.

-
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Indonesia Indicator juga mencatat ada sejumlah isu besar yang diperbincangkan netizen terkait pelantikan anggota baru DPR RI. Namun perbincangan ini didominasi oleh topik penolakan RKUHP dan UU KPK dengan total cuitan 5.892. Selain itu, netizen juga membincangkan Andre Rosiade sebagai DPR Terpilih dengan 2.638 cuitan. Perbincangan soal Pelantikan 575 DPR Baru mencapai 2.330 cuitan. Tak ketinggalan mundurnya Yasonna Laoly dari Menkumham juga menjadi isu yang banyak diperbincangkan netizen sebanyak 1.550 cuitan.

"Yasonna Laoly mendapat sorotan karena mundur sebagai menteri di saat posisi Menkumham menuai kontroversi karena RKUHP dan UU KPK. Yasonna terpilih sebagai DPR 2019-2024 Dapil Sumatra Utara I," ujar Rustika.

Keputusan Yasonna dinilai terlalu cepat saat tengah dibanjiri kritik dari publik. Meski demikian, beberapa netizen juga mempertanyakan mungkin ada hal penting yang tidak diketahui publik atas keputusan Yasonna ini.

Masuknya Mulan Jameela menjadi politikus Partai Gerindra yang juga dilantik sebagai anggota DPR direspons netizen dengan 771 cuitan, mereka membentuk tagar #mulanjameela.

-
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

 

Selain itu, Pesan Jokowi untuk DPR Baru juga menjadi perbincangan netizen dengan total cuitan 589. Netizen juga mempopulerkan cuitan dari Jokowi terkait pesan untuk DPR baru. Jokowi mengimbau DPR baru perlu melakukan deregulasi besar-besaran.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X