Tak Jadi Tutup, Pulau Komondo Segera Jadi Wisata yang Premium

- Senin, 30 September 2019 | 18:44 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)
(photo/ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, pemerintah batal menutup pulau Komodo. Namun pemerintah nantinya membagi kawasan  wisata pulau Komodo menjadi premium & massal.

Keputusan ini diambil usai rapat yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Gubernur NTT Viktot Laiskodat.

"Penanganan wisata, kita sepakat bahwa kita akan lakukan penataan kawasan wisata taman nasional, mana wisata yang mass dan mana yang premium, yang khusus dan terbatas," kata Siti di kantor Luhut, Senin (30/9/3019).

Pembagian ini dilakukan agar Taman Nasional tetap bisa dijalankan konservasinya, dan industri pariwisata juga dapat berjalan.

"Yang paling penting adalah harapan pak Gubernur ini Pulau Komodo betul-betul jadi wilayah konservasi yang terbatas dan menunjukkan nilai keaslian serta keunikan pulau Komodo," kata Siti.

Pulau Komodo sendiri batal ditutup oleh pemerintah. Nantinya pariwisata akan dibuat terbatas dan premium.

"Ya pariwisata hidup kalau konservasinya baik, dia (Pulau Komodo) akan terbatas dan premium," kata Gubetnur NTT Viktor Laiskodat.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X