Disomasi Polisi Karena Pernyataannya, Ananda Badudu Angkat Suara

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 14:22 WIB
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Subdirektorat Reserse Mobil (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya akan melayangkan somasi kepada aktivis sekaligus musisi Ananda Badudu. Hal itu dikarenakan pernyataan Ananda yang menyebut para mahasiswa mendapat perlakuan tidak etis dari polisi saat proses pemeriksaan.

"Kita akan mengirim somasi ke Ananda Badudu segera. Tolong klarifikasi agar masyarakat tidak dibuat bingung dengan pernyataan yang kemarin. Karena masih ada yang meyakini bahwa pernyataan dia benar," kata Kepala Unit (Kanit) IV Subdit Resmob AKP Rovan Richard Mahenu di Mapolda Metro Jaya, Senin (1/10).

Rovan menegaskan jika pernyataan Ananda tidak benar adanya. Keterangan Ananda dinilai dapat menyesatkan masyarakat. Dia kemudian memperlihatkan rekaman CCTV saat pemeriksaan Ananda sebagai bentuk bantahan terhadap pernyataan Ananda.

-
Kepala Unit (Kanit) IV Subdit Resmob AKP Rovan Richard Mahenu (tengah) | ANTARA/Fianda Rassat

"Saya mewakili Subdit Resmob merasa dengan pemberitaan ini nama baik Resmob dan Polri dicederai sehingga kepercayaan masyarakat ke kami, ke Polri dengan adanya pernyataan ini jadi luntur," kata Rovan.

Dia juga mengatakan apabila Ananda tidak mengklarifikasi pernyataannya, Subdit Resmob akan membawa perkara ini ke ranah hukum.

Tanggapan Ananda Badudu

Menanggapi pernyataannya disomasi oleh Polda Metro Jaya, Ananda Badudu angkat suara. Dia menyebut dirinya memiliki kepentingan untuk menyampaikan kebenaran kepada publik.

"Yang jelas poin utama yang ingin saya sampaikan, kepentingan saya yang pertama adalah menyuarakan kebenaran karena kebenaran itu tidak boleh dibengkokkan sebagaimana saya belajar dari guru saya di Tempo, Amarzan Loebis," kata Ananda di Jakarta, Selasa (2/10) malam.

-
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Karena saya bukan pinokio, saya akan terus menyuarakan kebenaran," ujarnya.

Ananda mengaku baru mengetahui adanya somasi dari Polda Metro Jaya pada Senin (30/9) lewat berita daring terkait pernyataannya setelah selesai pemeriksaan.

"Pokoknya kalau Polda butuh saya, saya siap datang karena saya juga mendukung Polri menjadi pelindung dan pengayom rakyat. Kita semua men-support Polri pelindung dan pengayom rakyat dan kita mau kepolisian jadi seperti yang dicita-citakan oleh Polri sendiri," kata dia.

Dia juga mengaku siap menghadapi somasi yang akan dilayangkan pihak Polda Metro Jaya. "Jadi ya saya siap menghadapi somasi itu," ungkapnya.

Ananda Badudu Akui Tidak Leluasa Lagi

-
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam jumpa pers di Gedung Tempo, Jakarta Selatan, Selasa (1/10) malam, Ananda mengungkapkan bahwa dirinya sudah tidak leluasa lagi sejak diperiksa Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

"Sekarang saya enggak leluasa lagi ngomong di media sosial," ujarnya.

Melalui kesempatan itu, Ananda bermaksud menjelaskan bahwa terkumpulnya dana sebanyak Rp175 juta melalui kitabisa.com yang teralokasi untuk membantu aksi mahasiswa menyampaikan aspirasinya di Gedung DPR/MPR RI, Selasa (24/9).

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X