Batu Sandungan untuk Kaum Milenial yang Bakal Ramaikan Pilkada 2020
Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah. (Antara/Mohammad Ayudha)
News

Batu Sandungan untuk Kaum Milenial yang Bakal Ramaikan Pilkada 2020

Mereka punya kapasitas, tetapi...

Muhammad Wirawan Kusuma
Rabu, 09 Oktober 2019 13:21 WIB 09 Oktober 2019, 13:21 WIB

INDOZONE.ID - Pemilihan Kepala Daerah 2020 mulai ramai gaungnya. Beberapa bakal calon sudah menyatakan siap maju untuk memperebutkan kursi Bupati, Wali Kota, bahkan Gubernur.

Menariknya, beberapa di antaranya berasal dari kalangan milenial. Sebut saja Gibran Rakabuming Raka yang kemungkinan maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Lalu ada Faldo Maldini yang ingin maju di Pilkada Sumatera Barat. Nama Bobby Nasution juga muncul dalam daftar kandidat calon Wali Kota Medan. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Pengamat politik Hendri Satrio menyambut baik munculnya sejumlah kaum milenial yang bakal maju dalam Pilkada 2020. Dari segi kapasitas, tentunya anak muda bisa lebih baik dari senior di atasnya. 

"Menurut saya, kapasitas itu pasti ada dalam diri mereka (kaum milenial). Meski ada yang kurang dari para milenial ini," kata Hendri saat dihubungi, Rabu (9/10). 

Kekurangan yang bisa jadi batu sandungan tersebut adalah, yaitu pengalaman. 

"Pengalaman ini kan kaitannya dengan usia, mau tidak mau itu kelebihan pendahulu mereka," jelas pengamat dari Universitas Paramadina itu. 

Seperti diketahui, Pilkada 2020 akan dihelat serentak pada 23 September di 270 daerah. Bakal ada sembilan pemilihan gubernur, 224 pemilihan bupati dan 37 pemilihan wali kota. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Wirawan Kusuma