Banjir Surut, Bandara Halim Sudah Bisa Layani Penumpang

- Rabu, 1 Januari 2020 | 17:42 WIB
Kondisi Bandara Halim setelah dilanda banjir, Rabu (1/1/2020) sore.(PT Angkasa Pura II).
Kondisi Bandara Halim setelah dilanda banjir, Rabu (1/1/2020) sore.(PT Angkasa Pura II).

Landasan pacu (Runaway) Bandara Udara Halim Perdanakusuma, sejak pukul 14.30 WIB, sudah kembali dibuka dan melayani penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti saat melakukan sidak ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma pada hari ini, Senin (1/1) memastikan bahwa bandara yang sempat ditutup dan seluruh penerbangannya dialihkan ke Soekarno-Hatta (Soetta), saat ini sudah bisa digunakan kembali untuk penerbangan.

“Bandar Udara Halim Perdana Kusuma sudah dibuka kembali pada hari ini pukul 14.30 WIB dengan lebar runway yang dapat di gunakan 30 m dari lebar runway normal 45 m, yang selanjutnya akan dievaluasi lagi bila kondisi runway dapat dioperasikan kembali dengan lebar 45 meter," ujar Polana, Rabu (1/1). 

Ia menegaskan, sementara pesawat yang dapat dioperasikan sementara adalah type sejenis A320 dan Boeing 737 dikarenakan runway belum dapat berfungsi optimal menyusul masih ada genangan air di tepi runway.

Pihaknya, kata Polana, akan terus memonitoring dan berkoordinasi dengan operator bandara, operator penerbangan dan juga stakeholder penerbangan lainnya untuk menentukan langkah-langkah yang tepat.

“Kita upayakan yang terbaik bagi semua pengguna jasa transportasi udara dengan tetap mempertahankan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. No go item dalam bisnis penerbangan,” katanya.

Sebelumnya, air setinggi 30 centimeter menggenangi runway Bandar Udara Halim Perdanakusuma, pada Rabu (1/1) pagi. Area bandara yang tergenang kurang lebih 500 meter. Banjir juga menggenangi area di luar bandara yang membuat penumpang sulit untuk mengakses ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X