Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor di Sampit Diciduk

- Sabtu, 6 Juli 2019 | 21:06 WIB
(photo/Antara Kalteng/Norjani)
(photo/Antara Kalteng/Norjani)

Seorang pelaku pencuri sepeda motor di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang berinisial AK ditangkap polisi hanya beberapa jam setelah menjalankan aksinya. Saat menjalankan aksinya, AK terekam cctv.

"Rekaman CCTV (kamera tersembunyi) di lokasi kejadian cukup membantu kami dalam mengidentifikasi pelaku. Makanya kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan pengamanan, kalau perlu pasang CCTV di rumah atau tempat usaha," kata Kapolsek Ketapang AKP Wiwin Junianto Supriyadi di Sampit, Sabtu.

Penangkapan AK berawal dari laporan warga bernama Yuliana yang mengaku kehilangan sepeda motor ketika di parkir di teras rumahnya di Jalan Trans Kalimantan Kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Ketika kejadian, Yuliana saat itu berada di dalam rumah dan tak sadar bahwa motornya telah dibawa kabur AK. Saat keluar rumah, dia kaget motornya telah tiada.

Berdasarkan keterangan AK, aksi pencurian ini dilakukan tidak sendiri, dia bersama seorang rekannya yang berinisial AN.

Mereka bertemu di Jalan Sukabumi Kecamatan Baamang dan kemudian muncul pikiran jahat untuk mencuri sepeda motor.

Rumah Yuliana sudah lama menjadi target karena AN pernah bekerja di rumah tersebut sehingga mengetahui kondisi rumah korban.

Saat menjalankan aksinya, AK bertugas mengawasi situasi, sedangkan AN mengeksekusi. AN masuk ke dalam rumah melalui jendela yang terbuka, kemudian dia menemukan kunci sepeda motor tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, mereka bisa membawa kabur sepeda motor itu. Namun dua sekawan itu tidak menyadari aksi mereka terekam CCTV (closed circuit television) atau kamera tersembunyi.

Saat ini polisi hanya berhasil menangkap AK, sementara AN sedang dalam pengejaran.

"Saat ini yang bersangkutan kami jerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke-4 (e) yakni pencurian dengan pemberatan karena pelaku lebih dari satu orang. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara," tegas Wiwin.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X