Kunci Rumah Tangga Langgeng, Utamakan Kebahagiaan Istri

- Sabtu, 21 September 2019 | 11:06 WIB
ilustrasi/pexels
ilustrasi/pexels

Setiap pasangan suami istri tentu mendambakan hubungan pernikahan yang langgeng hingga maut memisahkan. Berbagai cara akan dilakukan untuk membuat rumah tangga bertahan lama.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin puas seorang istri dalam hubungan jangka panjang, maka akan semakin bahagia seorang suami dalam hidupnya. Intinya ialah dengan melibatkan psikologi istri.

-
ilustrasi/pexels

 

Ketika seorang istri puas dengan pernikahannya, ia akan melakukan banyak hal untuk pasangannya. Hal ini dapat menimbulkan efek positif bagi suami.

Penelitian yang melibatkan 394 pasangan dan rata-rata menikah selama 39 tahun, memiliki tingkat kepuasan hidup dengan poin 5 hingga 6.

-
ilustrasi/pexels

 

Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita yang bahagia akan membuat suaminya lebih bahagia. Di sisi lain, wanita justru akan merasa kurang bahagia jika pasangannya sakit. Sebaliknya, tingkat kebahagiaan suami bahkan tak berubah saat istrinya sakit.

Hasil penelitian lainnya menunjukkan ketika suami sakit, akan membuat istri stres karena dia harus mengurus pekerjaan rumah yang seabrek.

-
ilustrasi/pexels

 

Sebaliknya, saat istri sakit, wanita akan bergantung pada anaknya, apalagi jika anaknya perempuan sehingga sang suami tak mengalami tingkat stres yang sama.

Dalam kehidupan rumah tangga, istri akan hidup dengan sedikit tekanan dibanding dengan suami. Di sinilah perlunya pertimbangan atas kebutuhan masing-masing selama sakit dan kesulitan lainnya. Keduanya harus bisa menunjukkan perhatian dan cinta untuk satu sama lain agar hidup bahagia.

-
ilustrasi/pexels

 

Dari serangkaian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketika istri bahagia, maka pernikahan pun akan bahagia. Artinya, kebahagiaan suami belum tentu bikin istri bahagia, namun kalau istrinya bahagia, maka suaminya juga akan bahagia.

Sebaliknya, perasaan tak bahagia dari istri akan membuat rumah tangga tak berjalan bahagia.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X