Festival Belanja dan Makanan Terbesar Bakal Digelar di Indonesia

- Rabu, 18 September 2019 | 11:52 WIB
(Kemenpar.go.id)
(Kemenpar.go.id)

Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2019 siap digelar di 321 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia pada pada 27 September-27 Oktober 2019 mendatang. 

Rencananya, opening ceremony WICSF 2019 akan digelar pada 27 September di Main Atrium, Pluit Village, Jakarta. Acara ini akan dihadiri oleh komunitas food blogger serta artis ibukota, dan juga dihadiri oleh Heritage Culture Exhibition yang menampilkan berbagai Art, Ethic, Fashion, dan Kerajinan Kebudayaan Indonesia.

WICSF 2019 menyiapkan berbagai program kuliner dan belanja menarik, seperti Dessert Festival, Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Mooncake Festival, Kelas Membatik, Gebyar Batik Nasional hingga music perfomance yang pastinya dikemas secara apik dan modern.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan menjelaskan, WICSF ini sudah masuk tahun ke-4 dan ditetapkan menjadi Top 100 Calender Event Nasional. Sebagai agenda tahunan, bentuk komitmen ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh.

"Dengan diadakannya kembali WICSF, kami berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 20-30 persen. Optimisme ini berangkat dari meningkatnya jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam WICSF 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para pengusaha pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) agar turut serta memajukan wisata kuliner dan wisata belanja di Indonesia.

"Kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif. Yang pertama itu kuliner 42 persen, yang kedua fashion 18 persen, dan ketiga kriya 15 persen yang masuk dalam kategori belanja," katanya.

“Wisata kuliner mempunyai portofolio produk sempurna, karena size-nya besar, sustainability tinggi, dan spread-nya besar. Untuk itu para pengusaha harus jeli mengambil hal itu,” lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X