Dari Manakah Asal Muasal Motivasi?

- Senin, 30 September 2019 | 12:19 WIB
ilustrasi/pixabay
ilustrasi/pixabay

Seseorang tentu memiliki motivasi dalam hidupnya, baik itu untuk dunia pekerjaan, pendidikan maupun aspek kehidupan lainnya. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asal muasal motivasi?

Berkaitan dengan ini, Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh ilmuwan dari Technical University of Munich (TUM) telah berhasil mengidentifikasi sirkuit saraf di otak lalat buah yang membuat hewan itu bersemangat saat mencari makan.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan ini berusaha untuk mengungkapkan dari mana motivasi berasal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lalat buah akan berjalan lebih cepat ketika mencium bau cuka atau buah. Lalat buah akan berlari sampai kelelahan untuk mencapai makanan itu.

-
ilustrasi/pixabay

 

Namun lalat buah tersebut tidak dapat mendekati makanan karena eksperimen yang dilakukan di laboratorium TUM School of Life Sciences Weihenstephan ini, membuat tubuh bagian atas lalat diam, hanya kaki saja yang bisa bergerak memutar bola yang mengambang.

"Eksperimen kami menunjukkan bahwa individu yang kelaparan terus meningkatkan kinerja mereka - mereka berlari hingga sembilan meter per menit. Lalat buah yang kenyang menyerah jauh lebih cepat," kata profesor neurobiologis Ilona C. Grunwald Kadow.

-
ilustrasi/coursera

 

Dari hasil penelitian itu terbukti bahwa organisme yang sederhana sekalipun akan menunjukkan stamina dan ketekunan. Kualitas-kualitas seperti inilah yang dianggap ada di tubuh manusia dan organisme tingkat tinggi lainnya.

Sirkuit saraf

Bersamaan dengan Julijana Gjorgjieva, profesor untuk Computational Neuroscience di TUM dan pemimpin kelompok di Institut Max Planck untuk Penelitian Otak di Frankfurt, serta tim peneliti internasional dan interdisipliner, Grunwald Kadow mengidentifikasi bahwa sirkuit saraf di otak lalat buahlah yang mengendalikan ketekunan untuk keinginannya untuk mendekati makanan.

-
ilustrasi/youtube

 

"Otak lalat-lalat itu punya sel-sel saraf jutaan kali lebih sedikit daripada otak manusia. Ini membuatnya jauh lebih mudah untuk mengetahui apa yang dilakukan neuron dan bagaimana," ujar profesor.

"Dengan cara itu, kami dapat memahami prinsip-prinsip sirkuit saraf yang juga membentuk dasar untuk fungsi otak yang kompleks." sambugnnya.

Kekuatan neuron

Untuk mengidentifikasi dari mana asal motivasi, tim peneliti menggunakan berbagai teknik yakni model matematika diciptakan yang mensimulasikan interaksi rangsangan eksternal dan internal, misalnya bau cuka dan kelaparan.

Kemudian, ahli saraf dari TUM bekerja sama dengan rekan-rekan yang ada di AS dan Inggris untuk mengidentifikasi jaringan interes di otak lalat buah. Proses ini dilakukan dengan bantuan mikroskop elektron serta pencitraan in-vivo dan eksperimen perilaku.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X