Runway 3 Bandara Soetta Siap Dioperasikan Jelang Nataru

- Kamis, 12 Desember 2019 | 11:09 WIB
Ilustrasi bandara. (Pixabay/Josch13)
Ilustrasi bandara. (Pixabay/Josch13)

Untuk menunjang kesiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Angkasa Pura II menyatakan bahwa Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap dioperasikan pada tanggal 20 Desember 2019. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik hal tersebut karena akan membuat pergerakan pesawat lebih cepat dan dinamis. 

"Tentu saja ini sangat baik dan akan menunjang pergerakan pesawat lebih dinamis. Saya akan melaporkan hal ini kepada Presiden," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12). 

Selain Runway 3, ada pula yang akan diresmikan, yaitu Bangunan VIP di Terminal 3 dan Bangunan Terminal 3.

Sementara itu, Airmav Indonesia juga memastikan bahwa pihaknya siap untuk melayani pergerakan pesawat yang diperkirakan bertambah pada masa arus mudik dan balik Natal dan Tahun baru 2020.

Kesiapan itu meliputi kesiapan infrastruktur penunjang traffic penerbangan, hingga kesiapan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). 

"SDM tentu saja, karena SDM ini menjadi salah satu yang terpenting. Karena tanpa SDM yang terdidik dan mempunyai kapabilitas ini sangat penting untuk keselamatan. Tentu saja kita membuat SDM ini kearah sana," ujar Dirut AirNav Indonesia, Novie Riyanto saat dihubungi Indozone, Kamis (12/12). 

Untuk di bandara Soetta sendiri, kata Novie, saat ini mampu melayani pergerakan pesawat hingga 70-80 pergerakan pesawat perjam atau merupakan yang terbanyak di Indonesia. 

"Itu satu runaway saja bisa 40 pergerakan pesawat take off dan landing. Tapi ini memang membutuhkan skill dan peralatan tertentu," pungkasnya. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X