Daftar Daerah yang Dapat Kurban Sapi dari Presiden Jokowi, Solo Dua Ekor

- Minggu, 26 Juli 2020 | 13:20 WIB
Kiri: Sapi Jokowi untuk dikurbankan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (24/7/2020) ANTARA FOTO/Makna Zaezar), kanan: Presiden Jokowi (Instagram/Jokowi)
Kiri: Sapi Jokowi untuk dikurbankan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (24/7/2020) ANTARA FOTO/Makna Zaezar), kanan: Presiden Jokowi (Instagram/Jokowi)

Terlepas dari ketidakjelasan sumber dananya dari mana, pada Hari Raya Idul Adha tahun 2020 ini, atau 1441 Hijiriah, Presiden Jokowi diketahui berkurban sapi di beberapa daerah. 

Sejauh ini memang belum ada daftar lengkap resmi dari pemerintah terkait di mana saja Presiden Jokowi berkurban.

Namun, dari penelusuran Indozone.id dari situs berita Antara, Jokowi setidaknya berkurban di Padang, Jambi, Kepulauan Riau, Banjarmasin, Palangka Raya, Bantul, dan tak ketinggalan kampung halamannya, Surakarta.

Surakarta bahkan mendapat dua ekor sapi dari Jokowi dengan berat total 1,96 ton. Yang satu berbobot 1.03 ton untuk Masjid Agung Keraton Surakarta, dan yang satu lagi  930 kg untuk Masjid Al Wustho. 

-
Salah satu ekor sapi sumbangan Presiden Joko Widodo kepada Pemkot Surakarta (ANTARA/Aris Wasita)

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan penyerahan dua sapi itu baru akan dilakukan menjelang Idul Adha.

"Tentunya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

-
Dokter kesehatan hewan mengecek sapi untuk hewan kurban di Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Presiden Joko Widodo membeli seekor sapi dengan berat sekitar satu ton dari peternak di Kabupaten Bantul. 

"Jadi sapi yang dicari di DIY kemarin ada lima titik, Bantul tiga dan Sleman dua, yang lolos seleksi dari yang Sedayu. Harga sapi sebesar Rp90 juta dengan berat badan kurang lebih satu ton," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo belum lama ini.

Di Padang, jauh-jauh hari sebanyak 600 warga di Kota Padang mendapatkan kupon daging kurban dari Presiden Joko Widodo.

"Sapi seberat 1,060 ton itu asal Solok. Rencananya akan disembelih pada Sabtu (1/8) atau sehari setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha di Padang," kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Pemprov Sumbar Syaifullah di Padang.

-
Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo untuk warga Sumbar pada Idul Adha 1441 Hijriah. (ANTARA / Ist)

Presiden Joko Widodo juga berkurban di Provinsi Jambi dengan bobot sapi kurban mencapai satu ton lebih.

“Perwakilan dari Staf Kepresidenan telah memesan sapi kurban untuk bapak Presiden, jenis sapi yang kita sediakan yakni sapi semental dengan bobot satu ton lebih,” kata Penyedia Sapi Qurban di Jambi Indra Suardi.

-
Indra Suardi penyedia hewa kurban di Kota Jambi menunjukkan sapi kurban Presiden Joko Widodo. Sapi kurban Presiden di Jambi berjenis sapi semental dengan bobot satu ton lebih. (Antara/Muhamad Hanapi)

Presiden Joko Widodo juga berkurban sapi di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, dengan mengambil sapi khusus yang diberi nama 'Gundul'. 

"Ada tim dari pusat yang mengatur. Dari dinas hanya pendamping saja, diminta dinas provinsi mendampingi," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Sri Yunelli.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X