Relawan Uji Coba Tahap III Vaksin Sinovac Tiongkok Dilindungi Asuransi

- Rabu, 22 Juli 2020 | 21:30 WIB
Ilustrasi uji coba vaksin. (Photo/Ilustrasi/REUTERS)
Ilustrasi uji coba vaksin. (Photo/Ilustrasi/REUTERS)

Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Dr. Kusnandi Rusmil Sp. AK. MM. menyampaikan bahwa warga yang menjadi relawan dalam uji coba tahap III Vaksin Sinovac dari Tiongkok akan dilindungi oleh asuransi.

Hal itu disampaikan Prof Kusnandi, saat jumpa pers di Rumah Sakit Pendidikan Unpad Kota Bandung, Rabu (22/7/2020). Dia juga mengatakan bahwa relawan yang telah disuntik vaksin akan dipantau oleh tim yang sudah ada.

"Jadi diberikan asuransi atau dicover asuransi selama ikut penelitian, dan tidak dibayar karena mereka secara sukarela," katanya.

"Terus kami pantau ketat, tiga hari, lima hari, 14 hari, dan seterusnya. Kalau dia sakit, apakah gejala dari vaksin itu atau tidak. Nanti dia periksa ke dokter lain, saya yang akan tanya ke dokter itu lebih dalam," tambahnya.

Ia menilai sampai saat ini banyak warga yang mengajukan diri untuk menjadi relawan uji klinis tahap III. Beberapa diantara, yakni pegawai, dan juga para dokter dari salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Namun saya tolak, itu pegawai rumah sakit sama dokternya. Karena mereka tidak tinggal di Bandung, susah kita mengawasinya. Yang mendaftar juga sudah banyak yang ingin ikut, tapi kan kita belum mulai, nanti awal Agustus," kata dia.

Sementara itu, Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr Eddy Fadlyana SpA(K) MKes mengatakan menjelaskan bahwa uji coba itu dilakukan di beberapa wilayah.

"Dengan jumlah subjek tersebut maka penelitian ini akan dilakukan di Kota Bandung, Jawa Barat dengan menggunakan enam side penelitian yang terdiri dari empat puskesmas di Kota Bandung, Balai Kesehatan Unpad dan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad," kata Dr Eddy Fadlyana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X