Sosok Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan, Prestasinya Moncer di Perbankan

- Selasa, 22 Desember 2020 | 18:34 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww/pri)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww/pri)

Presiden Joko Widodo umumkan pergantian jabatan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/20). 

Dari keenam nama baru menteri tersebut salah satunya adalah Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto

Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Pada 2019 lalu Budi sempat diangkat menjadi wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Pria yang lahir pada 8 Juli 1964 pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Inalum (Persero). Pada 2019 lalu ia juga sempat diangkat menjadi wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Dilihat dari sejarah karirnya, Budi Gunadi Sadikin pernah meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988 sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute (2004).

Pria berusia 56 tahun ini memiliki rekam jejak yang panjang di dunia perbankan. Di tahun 1988–1994 Budi sempat menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang. 

Budi sempat memegang beberapa jabatan di Bank Bali salah satunya yaitu sebagai General Manager Regional Jakarta dan pada tahun 1999–2004 Budi menjadi Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia.

Di tahun 2004 Budi menjabat sebagai Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk. Lalu tahun 2006 mulai menjabat sebagai Direktur of Micro and Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk, dan mulai menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk di tahun 2013.

Sebelumnya diketahui bahwa penunjukan Mantan Staf Khusus Menteri BUMN 2016-2017 ini sudah disiapkan sejak Oktober lalu. Sepulang dari Jenewa dan London untuk melobi sejumlah produsen vaksin Coronavirus Disease 2019, Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta Budi Gunadi berdiskusi dengan beragam kalangan yang bergerak di bidang kesehatan.

Selain Budi Gunadi Sadikin, lima nama menteri baru lainnya adalah Tri Rismaharini yang dipilih menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara.

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama. Lalu Yaqut Cholil Qoumas yang didapuk menjadi Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi. Nama lainnya adalah Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X