Salut & Bikin Terharu, Dokter Ini Bangun Lab Pakai Uang Sendiri agar Warga Swab Gratis

- Selasa, 15 September 2020 | 15:07 WIB
Dr Andani Eka Putra. (Istimewa)
Dr Andani Eka Putra. (Istimewa)

Sungguh mulia niat dokter asal Sumatera Barat ini. Di tengah pandemi, dr. Andani Eka Putra membangun laboratorium dengan biaya sendiri agar warga bisa melakukan swab test COVID-19 gratis.

Dokter yang juga merupakan kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas itu mengaku membangun laboratorium gratis demi kemandirian bangsa.

"Jadi saya selalu bercita-cita bahwa bangsa ini, umat ini akan maju, akan berhasil kalau berdiri di atas kakinya sendiri," kata dr. Andani dalam sebuah diskusi virtual dan dikutip melalui keterangan pers, Selasa (15/9/2020).

Dr Andani bahkan mengeluarkan dana pribadinya sebesar Rp850 juta untuk membangun laboratorium uji spesimen COVID-19 tersebut. Dia mengatakan, upayanya itu dilakukan untuk kemandirian bangsa dan juga kemaslahatan umat.

Setidaknya, kata dia, sebelum dirinya kembali ke sang pencipta, ia bisa menghasilkan sesuatu untuk bangsa dan bermanafaat untuk orang banyak.

"Jadi saya membangun lab itu, saya menginvestasikan dana untuk membeli alat-alat dan sebagainya semata-mata memang tujuannya adalah bagaimana suatu saat sebelum saya mati itu saya bisa menghasilkan sesuatu untuk bangsa ini, yang bisa dipakai oleh masyarakat kita sekarang ini. Itu yang saya harapkan," kata dr Andani.

Dr Andani sendiri merupakan salah satu orang yang menemukan metode pool test, yang kemudian bersama timnya dan didukung Pemprov Sumbar juga memberikan layanan tes swab gratis untuk masyarakat.

Ia berpesan kepada tim yang ia bentuk bahwa semangat mereka untuk membantu masyarakat harus didasari pada semangat kekeluargaan.

"Saya selalu menyampaikan ke tim saya, selalu bayangkan kalau yang menunggu hasil tes COVID-19 itu adalah keluarga kita, mereka ingin hasilnya cepat keluar, anggap mereka keluarga kita, maka kita harus bekerja keras, siang dan malam agar hasil tes segera keluar, itu prinsip kerja tim ini," kata Andani.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X