Ini Tujuan Pemerintah Berikan Bantuan untuk Pekerja yang Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta

- Rabu, 5 Agustus 2020 | 22:54 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp31 Triliun, untuk bantuan bagi 13 Juta pekerja di Indonesia yang berpenghasilan bulanan dibawah Rp5 Juta.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, hasil rapat anggota KSSK di Jakarta, Rabu, (5/8/2020).

"Pemerimtah akan berikan bantuan gaji bagi mereka yang berpendapatan di bawah Rp5 juta, yang sekarang diidentifikasi targetnya yang diperkirkan bisa mencapai 13 juta pekerja, dengan anggaran kira-kira Rp 31 triliun," jelas Sri Mulyani.

Kebijakan tersebut, kata Sri Mulyani, dilakukan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat. Sementara itu, kebijakan pemberian bansos oleh pemerintah juga tetap akan dilaksanakan.

"Total anggaran (bansos) Rp203 triliun untuk 2020. Ini juga dalam rangka menghadapi covid dan kenaikan belanja bansos yang sudah 59,9% di semester I-2020," tuturnya.

Ia menambahkan, pada semester II-2020, pemerintah menargetkan untuk menggenjot porsi belanja pemerintah. Sri Mulyani mengakui, hal ini menjadi satu-satunya cara agar Indonesia bisa terlepas dari jurang resesi.

"Hingga semester II-2020 masih akan ada belanja negara Rp1.171 triliun untuk belanja pusat dan Rp304,1 triliun untuk TKDD. Artinya semester II ada anggaran Rl1475.7 triliun yang akan dibelanjakan dalam rangka memdorong pertumbuhan ekonomi yang mengalami tekanan besar," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X