The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Publik Figur Diminta Hati-hati Sampaikan Informasi Soal Corona
Ilustrasi rapid test atau tes cepat virus corona. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
News

Publik Figur Diminta Hati-hati Sampaikan Informasi Soal Corona

Agar masyarakat tidak panik.

Selasa, 04 Agustus 2020 18:47 WIB 04 Agustus 2020, 18:47 WIB

INDOZONE.ID - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kepada publik figur untuk selalu berhati-hati dalam menyampaikan informasi atau berita kepada masyarakat yang terkait mengenai virus Corona.

"Saya ingatkan, para peneliti dan figur publik untuk perlu berhati-hati dalam menyampaikan berita kepada masyarakat," ucap Wiku dalam video conference di BNPB, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Wiku mengkhawatirkan jikalau masyarakat yang tengah menghadapi pandemi virus Corona menjadi panik, dan mencari solusi berdasarkan informasi atau sesuatu hal yang belum teruji kebenarannya.

"Jangan sampai masyarakat yang sedang panik mencari jalan keluar, sehingga memahami sesuatu hal itu tidak dengan secara utuh dan benar," terangnya.

Mengenai obat untuk penyembuhan pasien Covid-19 yang diklaim oleh Hadi Pranoto dalam video wawancara dengan musisi Anji, Wiku menyebutkan bahwa obat tersebut belum dapat dibuktikan status dan kejelasannya.

"Obat yang saat ini sedang ramai diperbincangkan sampai saat ini tidak jelas apakah termasuk obat herbal terstandar atau fitofarmaka, atau hanya sebuah jamu. Obat ini sampai dengan sekarang yang jelas bukan fitofarmaka karena tidak terdaftar di pemerintah," papar Wiku.

"Produk ini juga bukan obat herbal terstandar karena tidak ada di dalam daftarnya. Seluruh daftar fitofarmaka dan obat herbal terstandar dapat diakses oleh masyarakat dengan terbuka dan percayalah kepada pemerintah, yaitu Badan POM demikian juga dengan Kementerian Kesehatan," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US