Dampak Ganjil Genap Jakarta, Pendapatan Pedagang di Pasar Tanah Abang Berkurang

- Rabu, 17 Juni 2020 | 13:13 WIB
Toko pakaian anak di Blok B, Tanah Abang, Jakarta (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Toko pakaian anak di Blok B, Tanah Abang, Jakarta (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Pasar Tanah Abang, Jakarta sebagai Pusat Grosir terbesar di Indonesia kembali dibuka pada Senin (15/6/2020) diikuti pemberlakuan ganjil genap agar tidak mengundang kerumunan masyarakat saat melakukan aktivitas belanja.

Bagi para pedagang pemberlakuan ganjil genap ini sebenarnya tidak berpengaruh banyak kepada penjualan mereka karena mereka punya pelanggan masing-masing, yang secara berkala mengorder kebutuhan jualan.

"Kita kan biasa jual dalam bentuk grosiran. Punya pelanggan sendiri jadi ganjil genap tidak berpengaruh. Karena jual satuan juga di waktu normal tidak begitu banyak," kata Abay (23), salah satu penjaga toko pakain anak di Blok B, Pasar Tanah Abang, Jakarta pada Indozone, Rabu (17/6/2020)

Yang terdampak dengan adanya ganjil genap, sambungnya adalah karyawan karena mereka otomatis tidak mendapatkan gaji harian karena pembukaan selang seling yang diberlakukan selama masa PSBB transisi yang diberlakukan Pemda DKI Jakarta.

"Yang kasihan, ya karyawannya karena mereka tidak dapat uang makan dan gaji pada saat nggak masuk kerja. Kita yang punya satu toko kan dapat seminggu tiga kali. Jadi mereka hanya dapat gaji tiga hari seminggu," ujarnya.

Lain lagi dengan Amry (27), mereka punya dua gerai toko pakaian anak yang menyambung sehingga mereka dapat buka sepanjang minggu dengan tidak mengaktifkan gerai secara penuh.

"Kalau kita tidak pengaruh dengan ganjil genap karena ada dua toko nyambung. Jadi buka separuh-separuh. Rollingdoor toko yang satu ditutup tapi yang sebelah buka. Jadi masuknya tiap hari, buka tiap hari," bebernya.

Pemberlakuan ganjil genap ini berlaku  selama masa PSBB Transisi menuju New Normal dan akan dieveluasi untuk kelanjutannya mengingat penularan Covid-19 masih tinggi di Jakarta. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X