Yunani Kembali Normal, Restoran dan Perjalanan ke Semua Pulau Dibuka

- Selasa, 26 Mei 2020 | 09:20 WIB
Pandemi Covid-19 di Yunani bisa dikendalikan (XINHUA/ Marios Lolos)
Pandemi Covid-19 di Yunani bisa dikendalikan (XINHUA/ Marios Lolos)

Ada kabar baik seputar pandemi Covid-19 di Yunani. Mulai Senin (25/5/2020) kondisinya kembali normal. 

Dua bulan setelah penutupan sektor kuliner dan pembatasan perjalanan sudah berakhir. Kini restoran dan kafe kembali dibuka, serta perjalanan ke semua pulau diperbolehkan pemerintah setempat. 

Masyarakat Yunani kembali beraktivitas seperti biasa. Pemandangan di sekitar bandara dan pelabuhan terlihat ramai. Meski begitu, warganya tertib mengenakan masker. 

Anggota Youth Symphony Orchestra of Greece juga tampil di Bandara Internasional Athena untuk merayakan hari itu dan menyapa para pelancong yang tengah bersiap liburan.

-
Pemusik menyapa pelancong di Bandara (XINHUA/ Marios Lolos)

Sebagaimana dikutip Global Times, Senin (26/5/2020), Yunani telah membuka sejumlah akses secara bertahap sejak 4 Mei 2020. Pada 1 Juni 2020, para pelajar dan pegawai kantoran serta hotel juga dimulai kembali.

"Saya kira dengan pembukaan kembali sektor kuliner dan bisnis, suasana telah berubah," ujar Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. 

Ia pun menyampaikan kepada semua pebisnis kuliner yang membuka kembali lini bisnisnya untuk beradaptasi dengan suasana baru usai pandemi. Kapasitas restoran dan kafe pun diimbau untuk dibatasi, hanya enam orang saya untuk pelanggan yang bisa berkumpul di satu meja makan. 

"Sebenarnya bahayanya belum berakhir secara permanen," ujar Mitsotakis. 

Dalam pandangannya, keberhasilan Yunani dalam mengendalikan virus sejauh ini terletak pada implementasi tindakan yang tepat waktu. 

"Kami terus mengikuti perkembangan mengenai virus corona sejak Januari. Kami belajar banyak dari Italia, kemudian Yunani pasti juga terkena dampak pandemi," tambah dia. 

Sejauh ini, Yunani terkonfirmasi 2.882 kasus infeksi Covid-19, 172 kematian dan 1.374 pasien sembuh. Meski perlahan kembali normal, tapi belum semua bandara domestik dan internasional dibuka, hanya beberapa saja yang boleh beroperasi saat ini. 

Artikel menarik lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X