The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tinggal di Jepang Selama 20 Tahun, Panda Ini Akhirnya Pulang Kampung ke Tiongkok
Ilustrasi panda. (photo/Ilustrasi/Facebook/Giant Panda Global)
News

Tinggal di Jepang Selama 20 Tahun, Panda Ini Akhirnya Pulang Kampung ke Tiongkok

Kamis, 28 Mei 2020 18:22 WIB 28 Mei 2020, 18:22 WIB

INDOZONE.ID - Setelah tinggal di Kebun Binatang Kobe Oji, Jepang selama 20 tahun, panda raksasa bernama Tan Tan ini dipulangkan ke Tiongkok. Pasalnya, Tan Tan dipulangkan karena masa tinggalnya di negara sakura itu telah habis.

Dilansir dari Asahi, Kamis (28/5/2020), kebun binatang yang menampung Tan Tan mengumumkan bahwa panda itu adalah satu-satunya panda yang dikembalikan ke negara asalnya, Tiongkok.

Sebelumnya, Tan Tan dibawa ke Kebun Binatang Kobe Oji pada 2000 silam. Hal itu menjadi bukti kerja sama antara Tiongkok dan Jepang dalam program pengembangbiakan panda.

Kerja sama itu disetujui oleh China Wildlife Conservation Society dimana panda betina itu akan tinggal di Jepang bersama pasangannya, Kou Kou selama 10 tahun. Setelah Kou Kou meninggal pada September 2010, masa tinggal Tan Tan diperpanjang hingga 10 tahun.

Kou Kou dikabarkan meninggal setelah menderita serangan jantung setelah gagal pulih dari anestesi dalam program inseminasi buatan. Dilansir dari Grapee, Tan Tan sebenarnya telah berhasil mengandung secara natural pada 2007.

Sayangnya, bayi yang dikandungan Tan Tan mati dan ia kembali melahirkan seekor bayi panda pada 2008. Namun, bayi itu meninggal setelah 3 hari kemudian.

"Tan Tan datang ke Kobe untuk menghibur orang-orang dan ia dicintai anak-anak. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah ia lakukan," kata Kepala Kebun Binatang Kobe Oji, Horoyuki Ueyama pada 19 Mei lalu.

Setelah masa tinggalnya habis, pihak Kobe meminta masa tinggal Tan Tan diperpanjang kembali. Namun, Tiongkok mengatakan bahwa yang telah berusia lanjut harus dirawat di habitat aslinya. Sebagai ucapan terima kasih pada Tan Tan, pihak kebun binatang berencana melaksanakan acara perpisahan dengan melakukan kampanye 'Terima Kasih Tan Tan'.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US