Cek Fakta: Benarkah Gubernur Kalbar Sutarmidji Masuk Masjid Pakai Sepatu

- Jumat, 5 Juni 2020 | 16:02 WIB
Tangkapan layar akun Facebook Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Facebook Bang Midji)
Tangkapan layar akun Facebook Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Facebook Bang Midji)

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pada Kamis, 4 Juni 2020 kemarin meninjau persiapan salat Jumat di Masjid Raya Mujahidin di Pontianak, Kalimantan Barat. Salat Jumat yang dilaksanakan pada 5 Juni 2020 ini merupakan kali pertamanya setelah beberapa pekan tak menggelar Jumatan.

Masjid terbesar di Kalimantan Barat ini menggelar Jumatan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat menuju penerapan tatanan normal baru (new normal) guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Wali Kota Pontianak dua periode ini mengapresiasi Pengurus Masjid Raya Mujahidin mempersiapakan segala protokol kesehatan demi kenyamanan jemaah saat menjalankan ibadah. Dia juga meminta para jemaah yang ingin salat ke masjid untuk selalu menjaga kebersihan, guna menekan penyebaran Covid-19 di Kalbar. 

Saat meninjau persiapan ini, pemilik akun Bang Midji tersebut didampingi pengurus masjid. Namun, ada beberapa akun media sosial yang membuat informasi bohong alias hoaks. Sutarmidji disebut menggunakan sepatu saat berada dalam masjid. Satu di antaranya akun facebook milik seseorang berinisial HB ini.

-
Cek Fakta Gubernur Kalbar Sutarmidji Dikabarkan Masuk Masjid Pakai Sepatu (Istimewa)

"Setinggi apapun pangkat dan jabatanmu, tidak dibenarkan memakai sepatu di dalam masjid," tulis akun Facebook HB.

Dalam postingannya, akun HB juga menyertakan screenshot atau tangkapan layar pemberitaan di media daring tentang tujuan Sutarmidji melakukan peninjauan ke Masjid Raya Mujahidin. Akun HB kemudian melingkari foto bagian kaki Sutarmidji dan menyebutnya menggunakan sepatu.

Viralnya informasi ini langsung ditanggapi Sutarmidji. Melalui akun Instagram-nya, @bang.midji dan fanspage Bang Midji, Jumat (5/6/2020), Sutarmidji mencurahkan rasa geramnya setelah dituduh memakai sepatu di masjid. Ia menegaskan itu adalah fitnah.

"Kemarin saya lihat persiapan Masjid Mujahidin dalam menghadapi New Normal, saya lihat semua, ada beberapa akun yang orangnya saya kenal, melakukan fitnah dengan mengatakan saya masuk masjid pakai sepatu," tulisnya.

Bang Midji menegaskan, bahwa dirinya masih waras dan memakai kaos kaki saat di masjid. 

"Saya masih waras, tak tahulah kalau yang punya akun fitnah itu. Saya pakai kaos kaki. Makanya lain kali perhatikan betul," tegasnya.

Dalam klarifikasi yang dibuat di akun pribadinya ini, Sutarmidji juga mengunggah foto dan video saat dirinya meninjau Masjid Raya Mujahidin.

Dalam video itu, Sutarmidji tampak bermasker dengan mengenakan baju batik dan celana hitam. Dia berkeliling menggunakan kaos kaki hitam. Postingan klarifikasi ini pun ramai dibagikan warganet.

Sementara itu, Presidium Hoax Crisis Center (HCC) Borneo, Reinardo Sinaga mengatakan, postingan akun HS itu adalah Disinformasi.

"Informasi yang menyebutkan Gubernur Kalbar mengenakan sepatu ke dalam masjid, tidaklah benar. Tetapi melainkan mengenakan kaos kaki," tegas Reinardo kepada Indozone, Jumat (5/6/2020).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X