Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia, Sebelum dan Selama Masa Pandemi Corona

- Rabu, 3 Juni 2020 | 11:19 WIB
Michael Hartono. (BLOOMBERG/Dimas Ardian)
Michael Hartono. (BLOOMBERG/Dimas Ardian)

Pada April 2020 lalu, majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2020. Di tahun ini, terdapat sedikitnya 2.095 orang miliarder di seluruh dunia. Angka itu turun dari tahun lalu yang sebanyak 2.153 orang miliarder.

Forbes memberikan kriteria bahwa para pengusaha harus memiliki harta atau kekayaan lebih dari USD1 miliar untuk masuk daftar orang terkaya. Harta itu tercatat dalam berupa aset, termasuk perusahaan yang dimiliki, gedung dan bangunan, karya seni dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa nama yang masuk dalam daftar Forbes tersebut. Indozone mencoba merangkumnya dalam catatan 5 orang terkaya di Indonesia pada 2019 atau sebelum masa pandemi virus corona, dan 5 orang Indonesia terkaya tahun 2020, atau setelah masuk masa pandemi virus corona. Berikut daftarnya:

Daftar Lima Orang Terkaya di Indonesia 2019

1. Budi dan Michael Hartono

Hartono bersaudara memiliki kekayaan sebanyak USD37,3 miliar. Akar kekayaan keluarga berasal dari produsen rokok kretek Djarum, dimulai oleh ayahnya dan sekarang dijalankan oleh putra Budi, Victor.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga konglomerat ini mengantongi kekayaan senilai USD9,6 miliar. Keluarga Widjaja diketahui merupakan pemilik Sinar Mas Group. Mereka memiliki bisnis di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis, hingga telekomunikasi.


3. Prajogo Pangestu

Pada posisi ketiga, Prajogo memiliki kekayaan sebesar USD7,6 miliar. Perusahaannya PT Barito Pacific Timber, go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengantongi izin bisnis kayu pada tahun 2007.

4. Susilo Wonowidjojo

Dengan nilai kekayaan USD6,6 miliar, Susilo berhasil memposisikan diri di posisi keempat. Ayahnya Surya, mulai bekerja untuk bisnis tembakau bersama pamannya dan mendirikan pabrik rokok Gudang Garam pada tahun 1958.

5. Sri Prakash Lohia

Pengusaha berusia 68 tahun itu memiliki kekayaan senilai USD5,6 miliar. Pada tahun 1970-an ia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia, di mana mereka mendirikan Indorama sebagai pembuat benang pintal. Sekarang menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia, membuat produk industri termasuk poliolefin pupuk, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.


Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Dikutip dari Forbes, sejumlah pengusaha asal Indonesia turut masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Meski demikian, terdapat pergeseran komposisi di posisi 5 besar orang terkaya di Indonesia dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini terjadi lantaran terjadi pergeseran akibat gejolak yang melanda dunia, setelah pandemi virus corona menyebar, sejak Januari 2020 lalu.

Berikut ini nama-nama miliarder Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes untuk 2020.

1. Hartono Bersaudara

Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati posisi orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono memiliki total kekayaan mencapai USD13,6 miliar.

Posisi kekayaan itu, membawa dirinya sebagai orang terkaya di Indonesia nomor satu. Sementara dia juga mencatatkan dirinya di posisi 80 dalam daftar orang terkaya dunia.

Sedangkan Michael Hartono, saudara dari Budi Hartono, menempati posisi kedua orang terkaya di Indonesia dan berada di posisi 86 dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan Michael tercatat mencapai USD13 miliar.

Sumber kekayaan utama kedua bersaudara tersebut berasal dari kepemilikannya atas perusahaan rokok Djarum dan Bank BCA.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X