Ditegur Bamsoet, Kemendikbud Diminta Bantu Atasi Kendala Kuliah Online

- Senin, 10 Agustus 2020 | 16:54 WIB
Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)
Bambang Soesatyo. (Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantu kendala yang dihadapi sejumlah universitas dalam pelaksanaan kuliah online.

"Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera membantu dengan memetakan sejumlah kesulitan tersebut," ungkap Bamsoet, Senin (10/8/2020).

Bamsoet meminta agar Kemendikbud menentukan prioritas kesulitan atau hambatan yang harus diselesaikan terlebih dahulu, seperti meminta operator internet untuk menambah daya agar permasalahan sinyal dapat diatasi.

Kemendikbud juga diminta memberikan keringanan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk biaya pulsa, dan perbaikan sistem evaluasi terkait keseriusan mahasiswa ketika pembelajaran dilakukan.

"Dikarenakan terbatasnya anggaran dan keterbatasan ruang gerak di tengah pandemi COVID-19, sehingga perlu dilakukan skala prioritas dari penyelesaian kesulitan tersebut," ujar Bamsoet.

Dia juga meminta pemerintah memastikan ketersediaan modem atau wifi dalam memberikan sinyal internet yang memadai untuk para mahasiswa/i yang mengikuti perkuliahan online serta mengalokasikan anggaran untuk biaya membeli pulsa dan kuota internet guna mengikuti pembelajaran via daring.

Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk selalu memberikan subsidi sebagai dukungan kepada universitas-universitas swasta di tengah pandemi COVID-19 baik kalangan dosen dan mahasiswa dari kalangan ekonomi menengah ke bawah yang saat ini kesulitan membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X