The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jubir Covid-19: Droplet Kecil Virus Corona Ibarat Asap Rokok
Petugas menunjukkan sampel saat tes swab di Pasar Thomas, Cideng, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Jubir Covid-19: Droplet Kecil Virus Corona Ibarat Asap Rokok

Jika di ruang tertutup.

Senin, 13 Juli 2020 18:35 WIB 13 Juli 2020, 18:35 WIB

INDOZONE.ID - Juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan penularan virus corona bisa dalam bentuk droplet dengan ukuran kecil. Cairan itu pun menurutnya bisa berada di udara dalam waktu yang cukup lama.

Ia memberikan contoh droplet kecil tersebut ibarat seperti asap rokok di dalam satu ruangan. Sehingga, Yuri mengimbau agar sebuah ruangan kerja memiliki sirkulasi udara yang baik.

"Apalagi ruangan itu tanpa sirkulasi udara sama sekali, bisa kita ibaratkan seperti asap rokok. Apabila berada di dalam satu ruangan yang sirkulasi udaranya tidak bagus," ucap Yuri dalam video conference di BNPB, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Meski menggunakan pelindung wajah atau face shield, Yuri mengungkapkan bahwa cara tersebut tidak efektif menangkal penyebaran virus corona jikalau tak dibarengi juga dengan menggunakan masker.

"Meskipun kita menggunakan pelindung wajah, face shield, tanpa menggunakan masker, maka kita tetap bisa mencium bau asap itu. Oleh karena itu, kuncinya adalah gunakan masker, gunakan yang baik," tutupnya.

Sekadar diketahui, kasus konfirmasi positif Covid-19 pada hari ini bertambah sebanyak 1.282 orang, sehingga total menjadi 76.981 orang. Kasus sembuh bertambah 1.051 orang, sehingga total 36.689 orang, dan kasus meninggal 50 orang sehingga menjadi 3.656 orang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US