Jumlah ODP dan PDP Corona di Indonesia Masih Tinggi, Masyarakat Harus Tetap Waspada

- Jumat, 10 Juli 2020 | 20:26 WIB
Jubir Covid-19 Achmad Yurianto (ANTARA)
Jubir Covid-19 Achmad Yurianto (ANTARA)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyebutkan bahwa hingga saat ini ada puluhan ribu masyarakat Indonesia terpapar virus corona (Covid-19), baik yang berstatus ODP, PDP, maupun yang telah dinyatakan positif.

"Kita masih melakukan pemantauan untuk ODP sebanyak 38.705 orang dan PDP 13.882 orang," kata Yurianto dalam konferensi pers virtual di BNPB, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Yurianto menjelaskan, angka ODP dan PDP itu diperoleh dari sebaran Covid-19 yang kini menjamah 459 kabupaten/kota dari 34 provinsi di Tanah Air. Karena itu, Yurianto menyampaikan sangat penting bagi setiap orang untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesetahan Covid-19.

Baca juga: Nyesek, Sudah Beli Cincin Nikah, Pria Ini Dapati Chat Mesra Kekasih dengan Cowok Lain

"Mari kembali kita pahami bahwa penularan Covid-19 ini bisa terjadi karena satu sumber penularannya tidak menggunakan masker, sehingga droplet baik yang ukurannya besar yang mudah jatuh dengan jarak jangkau yang pendek atau droplet yang berupa micro droplet yang bisa melayang di udara dalam waktu yang relatif lebih lama, ini bisa ditahan karena menggunakan masker," ujarnya.

Dia mengungkapkan, tidak ada satu orang pun atau seseorang yang kebal dari wabah Covid-19 ini, sehingga potensi terjangkit virus ini tetap ada serta mengintai tiap individu.

Baca juga: Gaya Bak Sosialita, Wanita Ini Kedapatan Mencuri di Minimarket, Merengek Minta Maaf

"Kita yang rentan, siapapun yang rentan terhadap penularan ini gunakan masker dengan cara yang baik. Kemudian dengan mulai beraktivitasnya beberapa perkantoran perhatikan betul sirkulasi udara di ruang kerja Anda, upayakan selalu diganti. Karena inilah upaya kita bersama-sama untuk mengendalikan sebaran Covid-19 ini," tambahnya.

Per hari ini, Jumat (10/8/2020), Gugus Tugas Covid-19 berhasil memeriksa spesimen sebanyak 23.609 dan total keseluruhan yang sudah diperiksa sebanyak 1.015.678. Dari pemeriksaan ini didapati penambahan hasil positif terkonfirmasi sebanyak 1.611 orang dan  akumulasi total menjadi 72.347 orang. 

"Kasus sembuh yang kita data hari ini adalah sebanyak 878 orang sehingga, totalnya menjadi 33.529 orang, sementara laporkan meninggal ada 52 orang, sehingga total meninggal adalah 3.469 orang," rincianya.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X