Jangan Pernah Putus Asa, Kenali 3 Cara Allah Mengabulkan Doa Umatnya

- Rabu, 8 Juli 2020 | 16:28 WIB
Ilustrasi. (Pinterest)
Ilustrasi. (Pinterest)

Beberapa orang mungkin pernah merasa putus asa karena merasa bahwa doa-doanya tidak pernah dikabulkan. Padahal, doa yang kita panjatkan sebenarnya pasti diwujudkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, namun dalam tiga hal.

Dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim berdoa kepada Allah dengan satu doa, melainkan pasti Allah memberikannya kepadanya, atau Allah menghindarkannya dari kejelekan yang sebanding dengan doanya, selama ia tidak mendoakan dosa atau memutuskan silaturahim.”

Lalu seseorang berkata, “Kalau begitu, kita akan memperbanyak doa.” Beliau bersabda:

 “Allah lebih banyak memberi (dari apa yang kalian minta).” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih).

Diriwayatkan juga oleh Al-Hakim dari Abu Sa’id, dan ia menambahkan:

“Atau Allah menyimpan untuknya berupa pahala yang sebanding dengan doa tersebut.” (HR. Ahmad, 3:18; Al-Hakim, 1:493. Hadits ini disahihkan oleh Al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly dalam Bahjah An-Nazhirin, hadits no. 1501).

Ada pun makna dari hadist di atas:

  1. Doa seorang Muslim itu terkabul asalkan memenuhi syarat dan adab. Oleh karena itu, seseorang tidak sepantasnya tergesa-gesa dalam berdoa.
  2. Doa seorang Muslim dikabulkan dalam tiga cara, yaitu dikabulkan, ditunda dan diselamatkan dari bala sesuai dengan kadarnya, kemudian disimpan untuk hari kiamat dan jadi pahala untuknya.
  3. Yang dimiliki Allah itu tidak akan berkurang saat doa hamba itu dipenuhi, walaupun doanya begitu banyak.
  4. Dianjurkan serius dalam berdoa karena lebih menampakkan ketundukan dan menunjukkan kelemahan manusia di hadapan Allah.
  5. Allah Maha Besar dan Maha Pemberi Rezeki. Tak masalah jika umatnya meminta doa dalam jumlah banyak karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Allah bisa mengabulkan permintaan umatnya yang banyak.

Maka dari itu, jangan pernah berputus asa dan berhenti berharap meminta sesuatu dari Allah, karena Allah pasti akan mengabulkan doa-doa kita.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X